Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 20 Oktober 2014

5 Cara Meningkatkan HDL, Kolesterol Baik pada Tubuh


KaBeIn, Banyak yang mengatakan kalau kita harus meninggalkan semua makanan berkolesterol, padahal kenyataannya tidak semua kolesterol itu buruk. Ada juga kolesterol yang dibutuhkan tubuh kita. Kolesterol terbagi menjadi dua, yakni kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL)

Lakukan olahraga ringan selama setengah jam sehari, lima kali seminggu. (photo: shutterstock.com)
HDL atau High-Density Lipoprotein merupakan penjaga tubuh kita, dia akan mengeluarkan LDL dari pembuluh darah. HDL juga berfungsi untuk mencegah penyempitan pembuluh darah. Oleh karena itu sangat penting untuk meningkatkan kandungan kolesterol baik ini.

Bagaimana cara menaikkan kolesterol baik (HDL) ini? Berikut jawabannya yang kami kutip dari MeetDoctor.com:

1. Hindari rokok dan minuman beralkohol
Dengan menghentikan kebiasaan merokok, Anda akan menabung kolesterol baik sebanyak hingga 10 persen. Sedang minuman beralkohol sama sekali tidak ada manfaatnya. Jadi jika Anda ingin meningkatkan kadara kolesterol baik, buang kelaut rokok dan minuman beralkohol.

2. Konsumsi jus jeruk secara rutin
Anda dapat memiliki manfaat luar biasa dari jus jeruk. Dengan kandungan vitamin C yang berlimpah serta serat, jus jeruk mampu menurunkan LDL dalam tubuh. Antioksidan yang ada pada buah jeruk juga merupakan stimulan untuk meningkatkan kadar HDL

(Baca Juga: Inilah Rahasia Bono "U2" Selalu Berkacamata)

3. Makan pagi yang tepat
Sarapan sangatlah penting untuk memulai hari, dengan menu sarapan yang tepat dapat menaikan kolesterol baik. Anda bisa membuat menu sarapan dari kacang-kacangan atau oat.

4. Tentu saja olahraga
Ya benar, selalu saja ada olahraga disetiap artikel yang membahas kesehatan. Tak perlu melakukan olahraga berat, yang perlu Anda lakukan hanyalah olahraga rutin setidaknya setengah jam sehari selama lima kali seminggu. Lakukan saja olahraga ringan seperti bersepeda, berjalan, berenang atau aerobik.

5. Perhatikan asupan makanan.
Makanan merupakan faktor utama melambungnya kolesterol jahat, untuk itu Anda perlu memperhatikan asupan makanan Anda. Hindari makanan dengan lemak jenuh, atau lebih aman lagi jika Anda bisa mengganti minyak biasa dengan minyak zaitun.