Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 27 Oktober 2014

5 Cara Alami Mencegah Rambut Beruban Pada Anak-anak


KaBeIn, Uban pada anak-anak? Memang ada?
Uban ternyata bisa juga menyerang anak-anak, dan ini memang terjadi. Bahkan ketika anak baru berusia dua tahun. Ini dikarenakan gaya hidup modern yang sudah cenderung ekstrim.

Kurangnya nutrisi penting pada anak-anak juga merupakan  alasan yang dapat menyebabkan rambut beruban prematur pada anak-anak. Menurut para ahli, rambut beruban pada anak-anak dapat dicegah dengan tindakan pencegahan dan pengobatan tertentu.

Rambut terbuat dari protein dan tumbuh dari folikel yang terletak di dalam permukaan kulit. Kulit akan memodifikasi untuk menghasilkan rambut. Rambut memainkan peran penting dalam penampilan fisik seseorang. Dan ketika rambut mulai beruban, ini akan mempengaruhi tampilan seseorang. Dalam kasus anak-anak, kondisi ini bahkan bisa lebih buruk. Jadi, apa yang menyebabkan rambut beruban pada anak-anak, mari kita cari tahu.

1. Warisan
Warisan adalah salah satu alasan utama uban pada anak-anak yang baru berumur dua tahun. Jika ada riwayat keluarga yang beruban dini, maka anak-anak sangat bisa mempunyai uban prematur.

2. Ketombe
Penelitian menunjukkan korelasi antara ketombe dan rambut beruban. Jika masalah ketombe yang diderita sudah sangat parah, ada kecenderungan akan muncul uban.

3. Penyakit Dan Gangguan
Gangguan tertentu seperti sclerosis tuberous dan vitiligo menginduksi hilangnya pigmentasi rambut. Seiring dengan tanda-tanda munculnya uban pada rambut, anak tersebuut juga bisa  menunjukkan tanda-tanda kejang, tumor, dan lainnya.

4. Tiroid
Anak Anda mungkin akan mengalami rambut beruban jika dia memiliki kandungan tiroid berlebih dalam darahnya.


Dan berikut ini 5 Cara Alami Mengobati Rambut Beruban pada Anak-anak:

Jika anak Anda menderita rambut beruban prematur, Anda harus mencari tahu apakah itu karena ada kondisi medis. Jika tidak, maka dapat disembuhkan dengan beberapa pengobatan alami berikut ini, seperti dilansir laman stylecraze.com

1. Daun Kari


Rebus daun kari dalam minyak sampai berubah menjadi hitam. Pijat minyak pada rambut. Ini secara efektif dapat mengobati rambut beruban.

2. Yogurt Dan Ragi


Minum yogurt dicampur dengan satu sendok makan ragi setiap hari akan menjadi pengobatan yang bermanfaat untuk rambut beruban.
(Baca Juga: Jenis Kanker yang Disebabkan Oleh Rokok)

3. Amla


Rebus potongan amla dalam minyak kelapa dan menggunakannya di kulit kepala. Anda juga bisa merendam amla dalam air semalam. Gunakan air amla untuk mencuci rambut anak Anda.

4. Amla Dan Minyak Almond 


Pijat campuran almond dan minyak amla pada kulit kepala. Biarkan semalam sebelum Anda mencucinya. Obat ini akan membantu untuk mencegah rambut beruban anak Anda.

5. Mentega dari Susu Sapi 


Pijat kulit kepala anak Anda dua kali seminggu dengan mentega yang terbuat dari susu sapi. Obat ini juga dapat membantu untuk mengobati penuaan dini.

Jika anak Anda menderita kondisi rambut beruban yang parah, Anda perlu mendiagnosanya. Mengobati kondisi seperti ini untuk menghindari masalah serius yang bisa ditimbulkan.