Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Sabtu, 27 September 2014

Waspadai Pencurian Foto Bayi Di Instagram


KaBeIn, Mungkin Anda senang berbagi kebehagiaan mempunyai si kecil dengan mengunggah foto buah hati Anda di internet khusunya situs sosial media seperti Instagram. Tapi kasus berikut sepertinya bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk lebih berhati-hati dalam mengunggah foto bayi kita.

Seperti yang terjadi pada wanita bernama Diana Cha yang dibertitahu temannya bahwa foto anaknya ada pada akun palsu dengan diberi deskripsi yang aneh, seperti di lansir Dailymail.co.uk



Dalam akun yang mencatut gambar anak dari Diana Cha tersebut, diceritakan si bayi mempunyai kehidupan lain dengan cerita yang mengarah ke hal aneh malah cenderung ke pelecehan. Cerita bayi tersebut disebar dengan hastag #babyrp.

Diana Cha marah dan tidak tinggal diam, dia menegur akun palsu tersebut, dan dijawab bahwa apa yang mereka lakukan hanya untuk pura-pura saja. Diana terus menegur akun tersebut sampai akun palsu tersebut akhirnya ditutup oleh pemiliknya.


Walaupun yang mereka lakukan hanya untuk lucu-lucan saja, tapi tetap merupakan sesuatu yang merugikan, mengambil foto bayi orang lain kemudian menjadikan sebuah cerita aneh yang menjurus pelecehan. Para orang tua beranggapan hal ini merupakan teror bagi kehidupan seorang bayi.

Kasus seperti ini bisa dijadikan contoh agar para orang tua tidak jor-joran mengunggah foto bayi mereka, meskipun bayi sedang lucu-lucunya.

Untuk menghindari kasus seperti ini berulang, ada beberapa tips untuk meminimalisir foto yang kita unggah disalah gunakan, diantaranya:
1. Selalu watermark foto yang kita unggah. Tempatkan watermark pada area tengah-tengah foto karena penulisan watermark di area pinggir, sang pencuri masih gampang mengedit foto tersebuut dengan cut pada bagian watermark
2. Perketat pertemanan Anda, bila memungkinkan bertemanlah pada orang-orang yang benar-benar Anda kenal
3. Jangan memberi deskripsi lengkap pada foto Anda seperti tag lokasi.
4. Jangan mengunggah foto anak yang bisa membuatnya malu ketika mereka besar dan melihatnya.
5. Jangan sering mengunggah foto bayi Anda, ini bisa berbahaya dan juga teman-teman Anda akan bosan.

Tetap waspada, ingat seperti juga di dunia nyata, duni maya juga penuh kejahatan, bahkan kejahatan di dunia maya bisa saja lebih kejam.
(source and images: Dailymail.co.uk)