Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 19 September 2014

Sterol dan Stanol, Kimia Buatan untuk Turunkan Kolesterol dengan Mudah. Kenali Lebih Dekat, yuk?


KaBeIn, Manusia hidup membutuhkan makan, dan kolesterol didapat dari makanan. Itulah kenapa kolesterol selalu saja ada pada tubuh, karena memang kita 'memasukannya' dengan senang hati. Jika kolesterol sudah melebihi batas, maka resiko terkena penyakit berbahaya akan lebih tinggi. Sederhananya, jika mau kolesterol dalam darah stabil, maka makanan yang Anda konsumsi tidak boleh sembarangan.

Sterol dan Stanol telah terbukti dapat menurunkan kolesterol, tapi apakah benar-benar aman? (photo: shutterstock)
Jika kolesterol dalam darah sudah tinggi, makin sedikit saja pilihan makanan yang boleh masuk dalam tubuh penderita kolesterol. Hal inilah yang melatar belakangi diproduksinya bahan kimia tanaman yang kemudian dikenal dengan sebutan Sterol dan Stanol. Seperti diberitakan dalam situs eatingwell.com

Senyawa kimia yang ditambahkan kedalam makanan yang disebut dengan sterol dan stanol atau  fitosterol tidak mempunyai rasa, bau atau reaksi negatif pada mulut, dan inilah alasan utama para produsen tidak ragu-ragu lagi menambahkan fitosterol dalam makanan agar mampu berfungsi sebagai penurun kadar kolesterol yang tinggi.

Penambahan Sterol dan Stanol ini tidak ada bedanya dengan kolesterol yang secara alami terkandung dalam makanan, semua bahan ini akan bersaing untuk diserap tubuh melalui usus. Untuk kasus ini Sterol dan Stanol-lah yang akan menjadi pemenang mengalahkan kolesterol jahat. Sebuah studi terbaru menyatakan penambahan Sterol dan Stanol dalam makanan akan mampu menurunkan kadar kolesterol sampai dengan 15 persen yang tentunya akan meminimalkan resiko terkena penyakit kardiovaskuler.

Studi tersebut juga menjelaskan bahwa  konsumsi makanan yang sudah diperkaya sterol dan stanol setiap hari dengan kadar 1,8-2,8 gram mampu menurunkan kolesterol 7-11 persen dalam 1-3 bulan.
(Baca juga: Jika Ingin Sukses Berkarir, Weekend pun Tetap Harus Kerja!)

Tentunya masih banyak perdebatan mengenai senyawa ini, seperti benarkah aman, apakah tidak menyebabkan timbulnya masalah lain? Karena bagaimanapun klaim sehat dari bahan ini, tetap saja terbuat dari bahan kimia.

Sejauh ini belum ada keluhan pemakain  Sterol dan Stanol dalam makanan. Jika ingin sangat aman tentunya lakukan juga diet kolesterol dengan hanya makan makanan rendah kolesterol dan selalu jaga pola hidup sehat.
(kredit: vemale.com)