Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 12 September 2014

Penyakit Anosmia, Pengertian dan Pengobatan Anosmia


KaBeIn, Pernah mendengar penyakit anosmia? Penyakit anosmia adalah hilangnya indra penciuman, orang yang menderita anosmia rentan stress dan depresi karena dia tidak bisa mencium bau apapun, nafsu makan juga menurun sehingga berat badan turun drastis.

Kenali penyebab dan pengobatan anosmia (photo: thinkstock)
Mungkin ketika Anda pilek, Anda tidak bisa mencium bau apapun karena hidung tersumbat. Tapi bukan ini maksud dari anosmia. Kehilangan penciuman saat pilek akan hilang begitu pilek sembuh. Tapi kalau anosmia cenderung permanen.

Anosmia disebabkan karena adanya iritasi permanen atau kerusakaan pada selaput lendir pada bagian hidung. Iritasi ini bisa dikarenakan adanya sinusitis atau infeksi sinus, pilek, alergi debu atau serbuk, Influenza berkepanjangan, dan rhinitis nonallergic atau bersin-bersin tanpa adanya reaksi alergi. Namun banyak juga penyebab lain yang bisa memicu melemahnya atau hilangnya kemampuan penciuman, seperti penuaan, pernah mengalami operasi pada otak, cedera otak, adanya penyakit tumor otak, Alzeimer, Parkinson, pengaruh obat-obatan dan lain sebagainya.
(Baca juga: Makanan untuk Menyembuhkan Amnesia)

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa meminta bantuan dokter untuk mendiganosa jika dirasa Anda mengalami kecenderungan tidak bisa mencium suatu bau. Anosmia banyak menyerang pada umur 60 tahun. Jadi mulai dari sekarang, yuk selalu hidup sehat.
(sumber: vemale.com)