Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 12 September 2014

Menikmati Sate Paling Terkenal Di Ponorogo, Sate Haji Tukri Sobikun


KaBeIn, Hampir setiap kota di Indonesia memiliki ciri dan rasa khas sate.  Di Jawa, misalnya, ada dua jenis sate yang sangat populer: sate ayam Ponorogo dari Jawa Timur dan Madura. Kedua jenis sate ini dapat dengan mudah ditemukan di kota-kota di wilayah ini.

Di antara banyak penjual sate di Gang Sate, Haji Tukri Sobikun adalah yang paling terkenal. Dia dianggap sebagai pelopor sate dan telah menjual hidangan selama beberapa dekade. (Foto oleh Stefanus Ajie / JakPost Travel)
Jika Anda sedang di Ponorogo, mampirlah ke Gang Sate yang terletak di Jl. Lawu di daerah Nologaten, sekitar 3 kilometer dari alun-alun kota Ponorogo. Sepanjang jalan Anda akan menemukan banyak warung sate Ponorogo.

Yang membuat sate Ponorogo lain daripada yang lain adalah cara memasaknya. Pertama, ayam dipotong menjadi potongan besar dan direndam dalam berbagai jenis bumbu. Bumbunya terdiri bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, kemiri dan jinten.

Setelah daging direndam, sate kemudian dipanggang pada tempat kayu yang sudah disediakan. Setelah sate dimasak kemudian disajikan dengan saus kacang dibumbui dengan cabai dan gula merah. Untuk rasa yang lebih tajam, Anda dapat menambahkan irisan cabai dan bawang mentah juga.

Sate Ponorogo dikenal memiliki potongan daging yang lebih besar dan berasa gurih. Bagian lain dari ayam seperti kulit, hati juga ikut ditusuk.

Di antara banyak penjual sate di Gang Sate, Haji Tukri Sobikun adalah yang paling terkenal. Dia dianggap sebagai pelopor sate dan telah menjual sate selama beberapa dekade.

Kios sate Haji Tukri ini terbilang sederhana, satu porsi sate di kiosnya dibandrol Rp 20.000.

Selain sate, warung ini juga menawarkan berbagai makanan ringan tradisional seperti keripik kedelai, keripik beras ketan dan jenang mirah. Barang kerajinan tangan seperti angklung, terompet kayu, cambuk dan masker juga dapat dibeli di kiosnya.

Di satu sisi kios Anda juga dapat menemukan gambar orang-orang terkenal yang telah mengunjungi, termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan presiden terpilih Joko "Jokowi" Widodo.
(sumber: JakPost Travel)