Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Rabu, 24 September 2014

Inilah Beberapa Makanan yang Baik Dimakan Ketika Mentah atau Matang


KaBeIn, Pada umumnya memang makanan akan sehat dan enak apabila dikonsumsi setelah dimasak, atau dengan kata lain dalam kondisi matang. Tapi ternyata ada beberapa makanan yang malah baik jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Ada beberapa makanan yang bermanfaat lebih besar ketika dimakan dalam keadaan mentah
Berikut ini beberapa makanan dan cara mengkonsumsinya, apakah baik dimakan ketika mentah atau setelah matang, dilansir dilaman Fitnea:

1. Wortel
Wortel yang dimasak terlalu lama malah akan menghilangkan kandungan vitamin C dan polifenol, zat ini adalah antioksidan kuat. Lebih baik konsumsi wortel dalam keadaan mentah, atau jika dimasak pastikan tidak lebih dari 1 menit.

2. Tomat
Meskipun banyak orang makan tomat mentah, seperti pada salad. Tapi sebenarnya tomat lebih bagus dimakan setelah dimasak. Kandungan lycopene yang ada pada tomat akan lebih tinggi lagi ketika terpapar suhu panas. Lycopene adalah antioksidan yang baik bagi pencegahan kanker dan kesehatan kulit.
(Baca juga: Cara Menghaluskan Kulit Tangan Kasar)

3. Brokoli
Brokoli bagus dimakan dalam keadaan mentah atau dimasak lebih dulu. Keluarga Brassica yang lainnya seperti kol, kubis, kecambah, daun kale juga bagus dimakan mentah atau dimasak, tapi tentunya jangan terlalu lama dalam memasak.

Memasak brokoli terlalu lama akan menghilangkan kandungan enzim myrosinase yang dapat membantu membersihkan hati dari racun penyebab kanker atau karsinogen.

4. Bawang merah
Bawang merah akan memberikan manfaat besar jika dimakan mentah. Atau jika dimasak, pastikan hanya sebentar saja. Pada bawang merah terkandung flavonoid yang sering disebut sebagai querceti, yakni anti-inflamasi yang sangat bermanfaat.

Sayuran yang banyak terdapat di Kabupaten Brebes ini juga mengandung fitonutrien allicin, yakni penurun nafsu makan yang baik bagi penganut diet makan.