Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 22 September 2014

Hindari 4 Kebiasaan Buruk Ini Agar Terhindar dari Penyakit Jantung


KaBeIn, Orang hidup tidak bisa tanpa jantung, maka sudah seharusnya kita menjaga organ tubuh yang sangat vital ini. Jantung bekerja nonstop, diperlukan kerjasama dengan kebiasaan kita agar jantung tetap sehat. Hindari kebiasaan buruk yang dapat memicu penyakit jantung.

Hindari kebiasaan buruk demi mendapatkan jantung sehat
Berikut ini 4 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan penyakit jantung, seperti dilansir health.com

1. Malas membersihkan mulut hingga terkena penyakit gusi
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ada hubungan antara penyakit gusi dengan jantung, meskipun belum diketahui secara jelas sebabnya. Membersihkan mulut agar tidak timbul penyakit gusi untuk mendapatkan jantung sehat.

2. Membiarkan kebiasaan mendengkur
Jangan sepelekan kebiasaan mendengkur, mendengkur bisa menjadi indikasi dari penyakit yang lebih berbahaya, sebut saja apnea tidur obstruktif. Gangguan ini ditandai dengan pernapasan terganggung dan terhenti ketika tidur. Mendengkur juga bisa membuat napas terhambat. Jadi mulai sekarang jangan abaikan mendengkur, cari cara menghilangkan kebiasaan mendengkur saat tidur.
(Baca juga: 3 Obyek Wisata Diving Di Indonesia)

3. Membiarkan tubuh stress dan depresi
Jika Anda merasa stress atau depresi segaralah fresh-kan pikiran Anda, bisa dengan berlibur, cuti atau lainnya. Stress adalah pemicu kehadiran depresi sehingga jika dibiarkan akan memicu penyakit jantung karena tidak dapat menyalurkan emosi.

4. Nonton TV berjam-jam
Nonton tv identik dengan duduk berlama-lama, ngemil, dan bermalas-malasan. Kurangnya gerakan dapat mengakibatkan tumbuhnya lemak dan gula, kalau sudah demikian dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.