Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 09 September 2014

Film "Maryam" Menang dalam Festival Film Venice untuk Kategori Film Pendek


KaBeIn, Film Indonesian dengan judul "Maryam" yang disutradarai oleh Sidi Saleh, telah memenangkan katagori film pendek terbaik di 71st Venice International Film Festival di Venice, Italia.

Sidi Saleh
Seorang pejabat dari Kedubes RI di Roma, Nindarsari Utomo, mengatakan pada hari Senin bahwa film Maryam memenangi kategori film pendek.  Maryam pertama kali diadu melawan 11 film pendek lainnya dari seluruh dunia di festival, yang diadakan dari 27 Agustus-6 September.

Nindarsari mengatakan bahwa selama kompetisi, hakim dinilai Maryam pada 5 September bersama dengan enam film yang dinominasikan lainnya, yaitu Mademoiselle karya Guillaume Gouix, Pat-lehem karya Idan Hubal, Castillo y el Armando karya Pedro Harres, Cams karya Carl-Johan Westegard, 3/105 karya Avelina Prat and Diego Opazo serta Lift You Up karya Ramini Bahrain.

"Alhamdulillah, saya bisa menjadi salah satu pemenang tahun ini," kata Sidi, Senin, seperti dikutip kantor berita Antara.

Film Maryam adalah kisah pengalaman seorang pembantu rumah tangga muslim hamil yang Maryam, yang menyertai majikan Katolik ke sebuah gereja di Jakarta untuk perayaan Natal, kata Sidi (37 tahun) yang bertempat tingga di Jakarta.

Pada 2013, Sidi juga memenangkan penghargaan serupa dari film pertamanya yang berjudul Fitri, di International Festival Clermont-Ferrand di Paris, Prancis

Selamat ya, Sidi. Terus produksi film terbaik lainnya.