Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 26 September 2014

Dua Manfaat Utama Susu Kolostrum untuk Kesehatan


KaBeIn, Susu Kolostrum adalah susu yang dihasilkan pada akhir masa kehamilan dan awal kelahiran bayi. Susu Kolostrum sangat penting bagi mamalia (termasuk manusia) karena mengandung gizi dan zat imun 100 kali lebih banyak dari susu biasa.Bagi wanita yang baru saja melahirkan, pastikan susu yang pertama keluar dikonsumsi oleh bayi Anda. Kolostrum pada sapi maupun manusia biasanya berwarna kekuningan dan kental.

Kolostrum pada manusia bisa didapat pada 0-48 jam setelah melahirkan. (Photo: Shutterstock)
Susu Kolostrum mengandung sebanyak 95 senyawa yang membantu dalam mengembangkan dan menstabilkan sistem kekebalan tubuh bayi. Hal ini diperlukan bayi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan di luar rahim ibu. Pada saat yang sama, faktor-faktor pertumbuhan senyawa ini meningkatkan pertumbuhan sel yang normal, pemanfaatan lemak, sintesis DNA dan ketajaman mental dari bayi. Kolostrum juga mengandung sejumlah nutrisi dan unsur-unsur yang meningkatkan pertumbuhan bayi.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Kolostrum sapi dan Kolostrum manusia mempunyai struktur yang identik, sehingga manfaat yang terkandung pada keduanya juga sama. Berikut dua manfaat utama susu Kolostrum, seperti dilansir stylecraze.com

1. Kolostrum Membantu Dalam Pencernaan
Kolostrum mengandung IgA, protein imunoglobulin. Protein ini membantu dalam penyerapan nutrisi, detoksifikasi dan menjaga keseimbangan imunologi tubuh.

Kolostrum sapi sebaiknya diberikan kepada orang-orang yang memiliki masalah usus kronis seperti kandidiasis, IBS, penyakit Crohn, autisme dan kolitis ulserativa. Orang-orang yang menderita penyakit kronis ini memiliki tingkat kekebalan tubuh yang lebih rendah sehingga mengkonsumsi Kolostrum sapi dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh mereka.

Kolostrum menyediakan protein yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki lapisan yang rusak dari usus yang dapat menyebabkan gangguan kronis.
(Baca juga: Obyek Wisata Batu Guatape, Kolombia)

2. Kolostrum Memperkuat Kekebalan Tubuh
Immunoglobins dalam susu Kolostrum adalah 100 kali lebih banyak dibandingkan susu biasa. Antigen di dalamnya memberikan bantuan untuk melawan infeksi.

Penggunaan Kolostrum membantu dalam meningkatkan kemampuan tubuh untuk membedakan antara sel-sel menguntungkan dan merugikan. Hal ini juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk berfungsi dengan baik dan melawan penyakit yang menyebabkan kuman.

Bagaimana Cara Mendapatkan Susu Kolostrum ?
Tentunya susu Kolostrum manusia tidak selalu bisa didapat, karena hanya keluar pada akhir kehamilan dan awal melahirkan bayi (0-48 jam), untuk itu diperlukan sumber alternatif. Seperti diterangkan diatas, Kolostrum sapi sangat identik dengan Kolostrum manusia, sehingga Kolostrum sapi bisa dijadikan alternatif

Saat ini banyak tersedia dipasaran, susu Kolostrum sapi dalam bentuk bubuk atau kapsul. Anda tinggal memilih produk mereka yang berkualitas.
(kredit: stylecraze.com)