Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Kamis, 11 September 2014

Biografi William Butler Yeats, Peraih Nobel Sastra 1923


KaBeIn,
William Butler Yeats (1865-1939), seorang penyair dan satrawan Irlandia, ia mendapatkan Hadiah Nobel 1923 dalam sastra. Banyak kritikus menganggapnya sebagai penyair terbesar pada zamannya.

Biografi William Butler Yeats, Peraih Nobel Sastra 1923
William Butler Yeats (Photo: wikipedia)
Yeats memimpin Sastra Revival Irlandia, sebuah gerakan dari akhir 1800-an dan awal 1900-an yang mendorong apresiasi baru sastra tradisional Irlandia. Gerakan ini juga mendorong penciptaan karya yang ditulis dalam semangat budaya Irlandia, berbeda dari budaya Inggris.

Yeats mengembangkan teori-teori rumit tentang sejarah sebagai siklus peristiwa berulang. Ia mengungkapkan pandangannya tentang sejarah dan kehidupan melalui penggunaan cerita Irlandia tua dan fakta-fakta dan legenda sejarah Irlandia. Pandangannya juga mencerminkan keyakinannya pada supernatural. Yeats menerbitkan teori A Vision (1925), sebuah buku yang dapat membantu  interpretasi dari beberapa puisi yang lebih sulit miliknya.
(Baca juga: Orang Pertama Yang Menerbangkan Pesawat Melebihi Kecepatan Suara)

Yeats lahir di Dublin pada tanggal 13 Juni 1865, dan tinggal di London selama sebagian masa kecilnya. Dia menghabiskan banyak liburan di Sligo, sebuah county di Irlandia barat yang ia cintai dan sering dijadikan bahan tulisannya. Pada tahun 1898, ia bergabung dengan penulis Lady Gregory dan Edward Martyn dalam membangun Sastra Teater Irlandia. Kemudian direorganisasi pada tahun 1904 sebagai Teater Abbey, yang kemudian menjadi lebih terkenal di dunia.

The Irish Literary Theatre didirikan untuk mendukung nasionalisme Irlandia dengan mendorong penulisan dan produksi drama tentang kehidupan Irlandia. Teater ini menampilkan lebih dari 26 pentas drama, dan dia menjabat sampai kematiannya sebagai salah satu direktur lembaga yang berhasil. Produksi teahter Yeats pertama adalah The Countess Cathleen, yang ditulis pada tahun 1891 cerita ini terinspirasi oleh kisah cinta penulis Maud Gonne, seorang pemimpin nasionalis Irlandia. Dia menjadi subyek dari banyak drama dan puisi cinta.

Yeats menulis banyak karya terbaiknya dalam 10 tahun terakhir hidupnya. Dia meninggal pada 28 Januari 1939. Karya-karyanya yang paling penting diterbitkan dalam Collected Plays (1952) dan The Poems: A New Edition (1984). Memoirs, mengandung tulisan otobiografi, diterbitkan pada tahun 1973.