Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 07 September 2014

Biografi Harald Zur Hausen


KaBeIn, Harald Zur Hausen merupaka seorang ilmuwan Jerman yang mendapat hadiah Nobel 2008 dalam fisiologi atau kedokteran. Zur Hausen adalah seorang ahli virus, seorang ahli dalam virus dan penyakit virus.

Harald Zur Hausen (photo: ae-info.org)
Zur Hausen menerima penghargaan untuk penemuan virus yang disebut human papillomavirus (HPV) penyebab kanker serviks pada wanita. Ia berbagi penghargaan dengan ilmuwan Prancis Françoise Barré-Sinoussi dan Luc Montagnier. Mereka dianugerahi penghargaan untuk jasa mereka dengan HIV, virus penyebab AIDS

Kanker serviks adalah perkalian sel yang tidak terkendali di leher rahim perempuan. Leher rahim termasuk bagian bawah dan pembukaan uterus (rahim). Di tahun 1970-an, zur Hausen menduga bahwa HPV mungkin memainkan peran dalam perkembangan kanker serviks. Virus ini memiliki lebih dari 100 jenis, termasuk banyak yang menyebabkan berbagai penyakit menular seksual. Setelah menguji banyak jenis HPV, Zur Hausen mengisolasi dua jenis yang paling sering ditemukan pada sampel jaringan dari pasien kanker serviks. Ia juga dapat membantu menunjukkan bagaimana HPV menyebabkan perubahan sel-sel leher rahim yang menyebabkan kanker.

Hari ini, ahli medis berpikir bahwa HPV menyebabkan sekitar 90 persen dari semua kanker serviks. Penemuan Zur Hausen akhirnya menyebabkan pengembangan vaksin untuk mencegah kanker serviks. Vaksin pertama disetujui oleh Amerika Serikat Food and Drug Administration (FDA) pada tahun 2006.

Zur Hausen lahir di Gelsenkirchen, Jerman, pada tanggal 11 Maret 1936. Ia belajar ilmu di universitas-universitas di Bonn dan Hamburg. Ia menerima gelar kedokterannya di Universitas Düsseldorf tahun 1960.


Zur Hausen menduduki beberapa jabatan di perguruan tinggi Jerman, dan di Rumah Sakit Anak Philadelphia dan University of Pennsylvania di Amerika Serikat. Dari tahun 1983, ia memimpin Pusat Penelitian Kanker Jerman di Heidelberg, Jerman. Dia pensiun pada tahun 2003.
(sumber: WorldBook)