Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 12 September 2014

A. B. Yehoshua, Novelis dan Penulis Esai Kontroversi Asal Israel


KaBeIn, A. B. Yehoshua adalah seorang novelis Israel dan penulis cerita pendek (esai) penulis terkemuka. Yehoshua adalah salah satu penulis Israel terlaris, namun karya-karyanya kadang-kadang menimbulkan kontroversi karena sikap kritisnya terhadap aspek masyarakat Israel. Novelnya sering memiliki beberapa perawi, mengekspresikan sudut pandang yang berbeda.

Abraham B. Yehoshua (photo: wikipedia)
Yehoshua menulis dalam bahasa Ibrani. Karya-karya awalnya adalah cerita pendek, banyak dari ceritanya merupakan simbolis, yang mencerminkan pengaruh penulis Israel Shmuel Yosef Agnon, penulis Ceko Franz Kafka, dan penulis Amerika William Faulkner. Cerita-cerita ini kemudian dikumpulkan dalam  The Continuing Silence of a Poet (1988). Novel pendek berjudul Early in the Summer of 1970 (1970) menggambarkan ketegangan antara orang Isreal asli dan Israel kelahiran Eropa.

Yehoshua berpaling ke realisme dengan novel full-length pertamanya The Lover (1977). Novel keduanya, A Late Divorce (1982), mengeksplorasi masalah yang dihadapi intelektual Israel yang kembali ke Israel dari di Amerika Serikat untuk mendapatkan perceraian.

Berikut ini karya-karya Yehoshua:
Five Seasons (1987), berkaitan dengan pegawai negeri sipil Israel setengah baya dan hubungannya dengan beberapa wanita setelah kematian istrinya.

Mr Mani (1990) jejak sejarah Yahudi 1848-1982 melalui pengalaman satu keluarga.

Open Heart (1996) adalah kisah cinta tentang seorang dokter muda Israel di India.

A Journey to the End of the Millennium (1997) adalah sebuah novel sejarah tentang perjalanan seorang pedagang Yahudi kaya di Eropa pada tahun 999 M.

The Liberated Bride (2001) dan A Woman in Yerusalem (2006) adalah novel yang kompleks tentang hubungan antara Israel dan Arab. A Woman in Yerusalem menceritakan tentang seorang pria diberi tanggung jawab untuk mengidentifikasi dan mengubur seorang wanita tewas dalam pemboman teroris.

Friendly Fire (2008) adalah sebuah novel yang kompleks ditetapkan di Israel modern dan di timur Afrika yang membahas isu-isu identitas budaya Israel.

The Retrospective (2011) berkaitan dengan seorang sutradara film Israel 70 tahun yang meneliti hidupnya saat ia menghadiri pertunjukan retrospektif gambar gerak di Spanyol.

Yehoshua juga telah menulis sejumlah drama, seperti A Night in May (1974) dan Possessions (1986). Drama karya Yehoshua  umumnya mengikuti tema fiksi nya. Esai politik Yehoshua dikumpulkan dalam The Wall and The Mountain (1989). Esai sastra diterbitkan dalam Terrible Power of a Minor Guilt (1998).

Abraham B. Yehoshua lahir pada 9 Desember 1936, di Yerusalem. Keluarga ayahnya pernah tinggal di Yerusalem selama lima generasi. Ibunya lahir di Afrika Utara. Yehoshua lulus dari Universitas Ibrani Yerusalem pada tahun 1961 dengan gelar setingkat B.A. Dia menjadi dekan mahasiswa di Universitas Haifa 1967-1972 dan telah menjadi profesor sastra di sekolah sejak tahun 1977.
(sumber: WorldBook)