Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Rabu, 17 September 2014

8 Manfaat Luar Biasa dari Kunyit untuk Kesehatan


KaBeIn, Kunyit adalah adalah rempah-rempah yang sangat mudah ditemukan di wilayah Asia, termasuk Indonesia. Setiap masakan, kunyit menyumbangkan andil besar menyedapkan suatu resep. Terlepas dari manfaat kunyit dalam hal kuliner, ternyata kunyit juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Meskipun terderngar aneh, untuk memperoleh khasiat maksimal dari kunyit adalah dengan menyedunya seperti minum teh. Tentunya terlebih dulu Anda harus menjadikan kunyit sebagai serbuk. Jika Anda tidak ada waktu membuat bubuk kunyit, kini dipasar sudah banyak tersedia bubuk kunyit.

Untuk manfaat maksimal, kunyit bisa dijadikan teh sedu dari kunyit (photo: shutterstock)
Pingin tahu manfaat apa saja yang ada pada kunyit? Berikut penjelesannya menurut stylecraze.com

1. Bersifat anti-inflamasi
Kunyit nempunyai sifat anti-inflamasi yang mengurangi peradangan dan mengobati penyakit tertentu, seperti rheumatoid arthritis, osteoarthritis, kolitis ulserativa, uveitis anterior kronis, nyeri sendi, sakit punggung, dll. Teh kunyit juga dapat mengobati peradangan akibat cedera, jerawat , eksim, psoriasis atau kondisi kulit lainnya.

2. Mengandung antioksidan
Kunyit sarat dengan antioksidan yang kuat, menjaga penyakit berbahaya seperti kanker, multiple sclerosis, hiperkolesterol, dll.

3. Menyembuhkan penyaki alzheimer
Teh kunyit kaya akan kurkumin, yang dapat menurunkan pembentukan plak beta-amyloid dalam otak kita. Akibatnya, kita dapat menghindari penyakit Alzheimer.
(Baca juga: Titu Kebiasaan Makan Orang Perancis, Yuk?)

4. Meningkatkan sistem kekebalan
Kunyit memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, yang membantu dalam mencegah infeksi bakteri atau virus yang lebih serius.

5. Mencegah pembekuan darah
Kunyit dikenal karena kemampuannya dapat menghentikan pembekuan darah. Oleh karena itu, konsumsi rutin teh kunyit dapat membantu menghindari penyakit aterosklerosis pembuluh darah (ASVD) atau aterosklerosis.

6. Detoksifikasi
Kunyit akan mendetoksifikasi hati serta seluruh tubuh dan regularizes fungsi internal, dengan demikian menjaga kesehatan kita secara keseluruhan.

7. Melindungi sistem gastrointestinal
Kunyit bisa menjaga berbagai sistem pencernaan dan menyembuhkan masalah seperti gangguan pencernaan, mulas, metabolisme lemak yang buruk, obesitas, dll

8. Antidepresan (anti-depresi)
Kunyit bekerja baik sebagai antidepresan yang menjadikan suasana hati menjadi mood secara seketika.