Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 15 September 2014

8 Manfaat Kecambah (Tauge) yang Efektif untuk Turunkan Berat Badan


KaBeIn, Lagi diet? Dan masih bingung makanan apa saja yang diperbolehkan? Aturan dasar diet tentunya Anda harus mengerti, seperti jangan pernah mengkonsumsi semua makanan berminyak dan bersantan, juga hindari makanan berlemak. Dan perbanyak porsi untuk buah dan sayur.

Manfaat kecambah (tauge) untuk diet (photo: shutterstock)
Atau Anda ingin menurunkan berat badan secara efektif? Maka kecambah adalah solusinya, makan kecambah terbukti secara efektif dapat menurunkan berat badan. Bagaimana bisa? Simak penjelasan berikut.

1. Mengandung banyak serat
Orang yang mengalami obesitas serta diabetes harus mengikuti diet tinggi serat. Kecambah mengandung sekitar 7,6 gram serat. Serat sangat penting untuk sistem pencernaan Anda dan juga  bagi mereka yang menderita sembelit.

2. Mengontrol rasa lapar
Seperti disebutkan sebelumnya, kecambah atau tauge mengandung serat yang tinggi. Makan kecambah akan cepat mengisi perut Anda dan memberi rasa kenyang lebih awal. Tentunya ini akan  mengurangi rasa lapar dan mencegah Anda dari ngemil.

3. Rendah kalori
Semangkuk berisi 100 gram kecambah hanya mengandung sekitar 100 kalori. Jadi, semangkuk kecambah tidak hanya memberikan semua nutrisi penting, tetapi juga tidak akan membuat Anda kelebihan kalori! Sebuah cara tepat untuk menurunkan berat badan, bukan?

4. Kaya vitamin dan mineral
Kecambah merupakan sumber vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Dalam 100 gram kecambah akan  memberikan 40% dari asupan penting vitamin B9 harian Anda. Kecambah juga mengandung Vitamin B5, Vitamin B6 dan Vitamin B1 dalam jumlah yang banyak.

5. Rendah lemak
Tahukah Anda, 100 gram tauge hanya mengandung sekitar 0.38 gram lemak!
(Baca juga: Makanan Wajib Ketika Menstruasi)

6. Tinggi protein
Banyak penelitian menunjukkan bahwa asupan protein yang tinggi dapat mengurangi kadar lemak lebih cepat. Protein memainkan peran penting dalam memperbaiki jaringan, merangsang pertumbuhan rambut dan banyak manfaat lainnya. Dan kecambah mempunyai protein yang tinggi juga. Satu gelas kecambah mengandung sebanyak 14 gram protein.

7. Menurunkan kolesterol
Kecambah dapat mengurangi kadar kolesterol darah secara signifikan. Dengan menurunkan kadar kolesterol, berarti juga mengurangi masalah jantung. yang juga membantu menjaga berat badan.

8. Menghilangkan racun dalam tubuh
Kecambah mengandung klorofil, yang membersihkan dan memberi oksigen tubuh Anda. Enzim dalam kecambah membantu pencernaan nutrisi sedangkan kandungan serat bertugas menurunkan kadar kolesterol darah. Semua zat terebut dapat membantu dalam detoksifikasi tubuh untuk menurunkan berat badan.
(sumber: stylecraze.com)