Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 12 September 2014

7 Efek Samping Minum Jus Lemon


KaBeIn, Segelas jus lemon dingin dapat memuaskan dahaga di hari yang panas dan pengap. Makanan yang biasa-biasa saja pun menjadi lebih enak jika ditemani dengan segelas jus lemon.

7 Efek Samping Minum Jus Lemon
Selain menyehatkan, jus lemon juga mempunyai efek samping
Jus lemon memiliki beberapa nutrisi yang penting termasuk vitamin A, C, kalsium, karbohidrat, dan flavonoid. Jadi dengan meminum jus lemon memberikan tubuh Anda beberapa jumlah nutrisi penting dan antioksidan yang tidak diragukan lagi.

Lemon adalah salah satu varian buah jeruk yang paling populer diseluruh dunia, banyak digunakan untuk makanan, minuman dan hal lainnya. Tapi banyak dari kita yang tidak menyadari efek samping dari jus lemon. Tahukah Anda untuk beberapa hal dan keadaan tertentu, sebaiknya Anda tidak mengkonsumi jus lemon. Ini karena jus lemon mempunya sifat asam dan dapat memicu rekasi tidak nyaman pada kondisi tertentu. Jadi, jus lemon selain menyehatkan juga mempunyai efek samping!

Berikut ini beberapa efek samping dari jus lemon:

1. Mempengaruhi enamel gigi.
Karena mengandung asam yang tinggi, jus lemon dapat mempengaruhi enamel gigi. Ya, memang benar! Konsumsi berlebihan jus lemon dapat mengikis enamel gigi Anda, membuat gigi putih  menjadi lebih kusam.

2. Masalah perut
Minum jus lemon dalam jumlah banyak dapat menyebabkan gangguan perut. Dan jika sudah terlanjur banyak, gangguan perut tersebut cukup lama. Untuk mengurangi sakit perut, Anda bisa minum banyak air putih untuk mencairkan/menetralisir kandungan asam jus lemon.

3. Banyak menyerap zat besi.

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa jus lemon berperan dalam penyerapan zat besi yang berlebihan oleh tubuh. Hal ini disebabkan kandungan asam askorbat yang tinggi. Jika zat besi terus saja diserap dan disimpan dalam tubuh, dapat menyebabkan keracunan dan komplikasi lain, seperti diare dan mual.

4. Mengurangi kemanjuran klorokuin.

Klorokuin digunakan untuk mengobati penderita malaria, dan celakanya, jus lemon dapat mengurangi kemanjurannya obat tersebut. Dokter menyarankan pasien malaria untuk tidak mengkonsumsi jus lemon selama pengobatan dan selama masa penyembuhan.

5. Reaksi alergi

Buah jeruk dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Reaksi ini dapat mencakup migrain dan alergi kulit.
(Baca juga: Kesalahan Wanita dalam Perawatan Kecantikan Di Malam Hari)

6. Tidak aman selama kehamilan

Wanita hamil boleh saja minum jus lemon, tapi tidak boleh terlalu banyak. Secukupnya saja, atau kalau bisa tahan dulu rasa ingin mencicipi jus lemon selama kehamilan.

Banyak wanita mengalami mulas di akhir kehamilan dan meminum jus lemon berlebihan dapat memperburuk situasi ini. Selama kehamilan, gigi dan tulang menjadi terkena dekalsifikasi. Asam sitrat yang ada dalam lemon dapat memperburuk kondisi ini. Hal ini juga dapat dapat menyebabkan timbulnya sakit tenggorokan pada beberapa wanita hamil.

7. Memperburuk masalah ginjal.
Beberapa studi telah telah menunjukkan bahwa orang-orang dengan masalah ginjal dan kandung empedu harus menghindari minum jus lemon. Jus lemon dapat mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh dan memperburuk kondisi ginjal.

Demikian efek samping jus lemon, jus lemon tentunya menyegarkan dan memang menyehatkan kok, selama dikonsumsi dengan secukupnya. Dan pastikan untuk menambahkan air yang cukup ketika membuat jus lemon untuk mengurangi tingkat keasamannya.
(sumber: stylecraze.com)