Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 14 September 2014

7 Efek Negatif Buah Asam Jawa yang Tidak Banyak Orang Tahu


KaBeIn, Rasa asam yang terdapat pada buah asam memang bisa membangkitkan selera makan kita. Banyak menu kuliner yang bercitra rasa asam yang sangat populer, seperti Sup Iga Asam Pedas, Ikan Asam Pedas dan variasi pedas lainnya.

Selain bermanfaat, ternyata asam jawa juga ada efek negatifnya
Asam jawa juga biasa digunakan dalam pengobatan herbal/alami oleh banyak orang, tapi dari semua manfaat asam jawa tersebut, ternyata asam jawa juga mengandung beberapa efek negatif. Berikut efek samping dari buah asam jawa ini:

1. Meningkatkan pendarahan dengan obat tertentu
Asam jawa dapat meningkatkan risiko perdarahan dan menjadi sangat berbahaya jika dikonsumsi bersamaan dengan obat tertentu, seperti:
     Aspirin
     Non-Steroidal Anti-Inflammatory Drugs atau NSAIDs (ibuprofen, naproxen, dll.)
     Pengencer darah atau anticoagulants (heparin, warfarin, dll.)
     Obat anti-platelet (clopidogrel, dll)

Jadi jangan mengkonsumsi asam jawa dengan jenis obat diatas.

2. Menyebabkan hipoglikemia
Asupan buah asam dalam jumlah besar secar reguler dapat menyebabkan penurunan kadar glukosa, sehingga terjadi hipoglikemia. Menurut para ahli, kecukupan asupan asam adalah 10 gram per hari yang berarti hanya 0,8% dari asupan makanan biasa. Konsumsi lebih dari jumlah ini dapat menyebabkan kekurangan glukosa dalam tubuh kita.

3. Bisa menyebabkan reaksi alergi
Alergi atau hipersensitivitas adalah salah satu efek samping yang paling umum dari buah asam. Beberapa orang akan mengalami gejala seperti ruam, gatal-gatal, peradangan, pingsan, muntah, sesak napas, dll dengan mengkonsumsi buah ini.
(Baca juga: Manfaat Susu Kedelai)

4. Bisa merusak enamel gigi
Buah asam sangat asam secara alami. Jika Anda makan asam dalam jumlah berlebihan, enamel gigi Anda cenderung terkorosi oleh komponen asamnya. Ingat, terlalu banyak asam sangat buruk bagi kesehatan serta untuk tampilan gigi Anda.

5. Menyebabkan batu empedu
Sebuah studi observasional yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan India telah membuktikan bahwa sering mengkonsumsi sejumlah besar buah asam dapat menyebabkan pembentukan batu pada kandung empedu. Hal ini dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penyakit kuning, demam akut, kram perut, mual, muntah, masalah pencernaan, masalah hati, dan sebagainya.

6. Menyebabkan asam refluks
Seperti dikatakan sebelumnya, asam merupakan elemen makanan asam. Ketika kita makan, kadar asam naik dalam saluran pencernaan kita, terutama perut . Jadi, jika Anda sudah menderita masalah pencernaan seperti penyakit gastroesophageal reflux (GERD) atau 'refluks asam', Anda harus menghindari buah asam ini.

7. Menghasilkan efek laksatif
Pulp atau ekstrak asam terkenal karena kualitas pencahar nya. Tapi jika Anda sudah menggunakan produk pencahar lainnya, pastikan bahwa Anda tidak mengkonsumsi buah asam ini.

Demikian efek negatif dari buah asam, setelah mengatahuinya bukan berarti Anda harus menjauhi buah asam ini. Kalau kita tahu pada saat bagaimana kita tidak boleh makan asam, maka kita tidak perlu kawatir. Bayangkan juga jika bumbu masakan tidak diberi asam? Tentu hambar bukan?
Sebaik-baik makan adalah yang cukup, bukan berlebihan. Salam....
(sumber: stylecraze.com)