Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 14 September 2014

6 Makanan Sehat Ketika Haid


KaBeIn, Ketika wanita datang bulan, biasanya akan dibarengi dengan penurunan energi dan mood yang tidak stabil. Ini dikarenakan pada saat itu wanita banyak kehilangan mineral dan nutrisi akibat keluarnya darah haid. Untuk itulah wanita menstruasi sebaiknya mengkonsumsi makanan bernutrisi lebih banyak daripada biasanya.

Wanita haid membutuhkan asupan nutrisi dan mineral lebih banyak dari biasanya (photo: yosuna)
Berikut ini 6 makanan yang baik ketika dikonsumsi saat datang bulan:

1. Kacang-kacangan
Wanita akan kehilangan banyak zat besi karena mengeluarkan darah, kerena itu dibutuhkan asupan makan yang banyak mengandung zat besi seperti kacang-kacangan, kurma dan bayam.

2. Protein
Meskipun sedang menstruasi tentunya ada harus tetap beraktivitias, untuk itu Anda membutuhkan energi ekstra. Anda bisa mendapatkan tambahan protein dari makanan seperti susu rendah lemak atau putih telur rebus.

3. Buah serta biji-bijian
Mineral yang hilang saat menstruasi bisa Anda dapatkan kembali melalui buah nanas, pisang dan jeruk. Sedangkan biji-bijan seperti kacang akan mengalirkan magnesium ketubuh Anda.
(Baca juga: Dua Anggota K-Pop "SECRET" Berwajah Mulus)

4. Air putih
Anda akan sangat kekurangan cairan saat haid melanda. Direkomendasikan untuk minum air mineral yang banyak, kira-kira 8 gelas perhari.

5. Sayur serta gandum
Sayuran segar, nasi merah dan gandum bisa menjadikan kebutuahan serat Anda terpenuhi. Dan juga rasa kenyang akan lebih lama.

6. Kedelai
Setidaknya harus ada satu makanan berkalsium tinggi yang Anda makan setiap harinya. Anda bisa
Kedelai banyak mengandung kalsium, anda bisa mendapatkannya melalu bermacam-macam olahan kedelai atau tahu. Susu kedelai juga sangat bagus, susu jenis ini malah lebih baik daripada susu fullcream.
(sumber: Wolipop)