Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 19 September 2014

6 Kandungan Paling Mematikan pada Sebatang Rokok


KaBeIn, Memang sulit sekali menghilangkan kebiasaan buruk ini, merokok! Meskipun tahu akan kandung zat berbahaya dan telah banyak korban, toh para perokok tetap saja bandel. Tidak terhitung juga artikel yang membahas tentang bahaya rokok, tapi nyatanya tetap saja hanya dibaca.

Hentikan rokok sekarang juga (Photo: Shutterstock)
Tulisan ini juga sebagai pengingat memori Anda bahwa memang benar rokok sangat berbahaya dan mengandung banyak zat 'setan'. Tahukah, Anda? Perokok kehilangan rata-rata empat belas tahun jatah hidup. Sekali lagi, empat belas tahun! Kami tidak berbicara tentang hari atau minggu, tapi tahun!
Asap rokok mengandung karsinogen, atau dikenal sebagai 'agen penyebab kanker'. Unsur karsinogenik dikenal telah membunuh ribuan orang di seluruh dunia. Dan nikotin membuat manusia lebih rentan terhadap kecanduan rokok. Nikotin adalah adiktif, dan ini adalah alasan kenapa perokok sulit sekali meninggalkan rokok.

Berikut ini adalah zat mematikan pada rokok seperti dilansir laman stylecraze.com

1. Tar
Berbagai bahan kimia yang tersuspensi dalam asap tembakau, yang secara kolektif dikenal sebagai Tar. Zat ini bersifat lengket dan bertanggung jawab atas noda yang terbentuk pada gigi perokok.

2. Radikal Bebas
Anda mungkin pernah mendengar tentang ini. Radikal bebas adalah zat berbahaya yang merampok vitalitas tubuh. Sementara seluruh dunia sedang sibuk memakan makanan sehat dan antioksidan untuk melawan radikal bebas dari tubuh mereka, perokok malah sibuk menyuntikkan diri dengan radikal bebas berlebihan dengan terus menerus.Radikal bebas terkenal karena merusak pembuluh darah serta otot-otot jantung.

3. Karbon Monoksida
Terlalu banyak gas ini berakibat fatal. Asap rokok mengandung karbon monoksida, dan merokok terus-menerus bisa membuat gas ini mengambil alih tempat oksigen dalam darah.
(Baca juga: Cara Cepat dan Sehat Menambah Berat Badan)

4. Logam
Arsenik, timbal dan kadmium. Tidak bisa dibayangkan potensi berbahaya yang terdapat pada benda ini. Asap tembakau mengandung logam-logam ini dalam jumlah banyak. Dan coba tebak? Semua logam ini adalah murni karsinogenik.

5. Hidrogen Sianida
'Sianida' - nama itu sendiri sudah cukup mengerikan, bukan? Paru-paru terdiri dari rambut kecil seperti struktur yang disebut silia yang membantu dalam membersihkan zat-zat asing. Hidrogen sianida menghambat aktifitas paru. Yang akan menyebabkan penumpukan bahan kimia beracun di dalam paru-paru.

6. Senyawa Radioaktif
Ini berpotensi berbahaya dan bersifat karsinogenik di alam.

Efek kesehatan dari merokok begitu serius. Katakanlah Anda adalah seorang perokok, dan Anda tidak dapat berhenti merokok, maka daftar berikut mungkin akan memotivasi Anda menghentikan merokok sekarang juga. Baca: Daftar Penyakit Mematikan yang Ditimbulkan oleh Rokok