Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Kamis, 11 September 2014

6 Fasilitas Yahoo! Messenger yang Dicontek Berbagai Aplikasi Pesan Instan


KaBeIn, Yahoo! memang kurang greget, bahkan di era Marissa Mayer inipun Yahoo! masih melempem. Bila dibandingkan dengan pesaingnya yang relatif baru seperti Google dan Facebook, Yahoo! masih kalah jauh.

6 Fasilitas Yahoo! Messenger yang Dicontek Berbagai Aplikasi Pesan Instan
Bangun Yahoo! Jadilah kembali raksasa internet
Sebelum tahun 2004 silam, kita masih bisa melihat kedigdayaan Yahoo! sebagai mesin pencari, email gratis, dan fasilitas pesan instan Yahoo! Messenger. Tapi di era sekarang, sudah tergilas oleh Google, dan aplikasi berbasis mobil yang lebih agresif dalam penetrasi pasar.

Kita ambil contoh Yahoo! Messenger. Begitu hebatnya fasilitas yang ada pada pengolah pesan instan ini. Dengan Yahoo! Messenger kita bisa, chating, video calling, kirim data dan lain-lain, jauh sebelum aplikasi pesan instan menjamur seperti sekarang ini.

Tahukah Anda, bahwa semua fasilitas pada aplikasi pesan instan yang katanya hebat ternyata sudah lebih dulu ada jauh-jauh hari. Ya, Yahoo! Messanger telah menyematkan fitur-fitur yahutnya sebelum tahun 2004 silam.

Berikut ini fitur Yahoo! Messenger yang di 'jiplak' oleh aplikasi pesan instan jaman sekarang

1. Buzz
Di Yahoo! Messenger kita mengenal Buzz, yakni kita bisa menekan tombol Buzz untuk mengejutkan lawan bicara kita sehingga dia tersentak dan melirik pada dialog chatting. Ini kemudian di adaptasi oleh Blackbeery lewat fasilitas yang diberi nama Ping.

2. Pertemanan/friend
Kontak pertemanan di Yahoo! Messenger lebih terjaga dan lebih kompleks. Malah kita bisa mencari teman-teman baru pada room yang sudah tersedia, dari berbagai belahan dunia dan berbagai topik group. Hampir semua aplikasi pesan instan sekarang membuat fasilitas kontak seperti ini, walau tidak ada room seperti yang ada di Yahoo! Messenger.

3.  Video call.
Jauh sebelum ada Skype, Facebook, Line, Kakaotalk, dan lain-lain. Yahoo! Messanger sudah lebih dulu memanjakan usernya dengan video call gratis! Dari PC ke PC. Anda hanya membutuhkan sambungan internet saja.

4. Voice
Yahoo! Messenger juga mempunyai fasilitas bincang-bincang antar pengguna. Jadi fasilitas yang ada pada aplikasi yang banyak beredar sekarang ini adalah jadul! Yahoo! Messenger sudah duluan menciptakannya.

5. Kirm file
Semua aplikasi pesan instan jaman sekarang hampir mempunyai menu untuk kirim file, baik video, foto, dan semua file. Dan Yahoo!Messenger sudah ada lebih dulu!

6. SMS
Hebatnya lagi, lewat Yahoo! Messenger kita bisa mengirim SMS ke nomo ponsel keberbagai negara, dan si penerima juga bisa membalasnya. Kalau fitus kirim SMS ini sepertinya belum diadopsi oleh aplikasi pesan instan jaman sekarang. Tapi persaingan yang semakin ketat memungkinkan suatu aplikasi akan menyematkan fitur ini suatu saat.

Tapi karena kurang pedulinya Yahoo! terhadap perkembangan smartphone membuat semua seabrek fasilitas hebatnya tenggelam oleh rival yang relatif masih baru. Dimana kamu Yahoo! bahkan fasilitas email mu pun sudah dilalap oleh Gmail! Mesin pencari mu pun dilindas Google! Ayolah jadilah raksasa kembali seperti dulu. Bangun Yahoo!