Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 19 September 2014

5 Tindakan Pencegahan Agar Bayi Tidak Tertular Flu


KaBeIn, Anak kecil atau bayi tidak bisa berbuat apa-apa ketika mereka sakit, lain halnya dengan kita yang sudah dewasa dapat mengobati sendiri dan tahun betul apa saja yang harus dilakukan untuk mengobati penyakit kita. Sedangkan bayi? Paling mereka hanya bisa menangis.

5 Tindakan Pencegahan Agar Bayi Tidak Tertular Flu
Cara mencegah flu pada anak
Tindakan pencegahan diperlukan agar buah hati tidak tertular penyakit, khususnya flu yang memang sering terjadi pada anak. Berikut ini 5 cara mencegah bayi tertular flu versi motherandbaby.com

1. Karantina sementara
Bila salah satu anggota keluarga kedapatan sedang mengidap flu, pisahkan bayi ke ruangan yang aman. Atau bagi anggota yang sedang kena flu agar tidak mendekati si bayi lebih dulu. Pisahkan juga pakaian bayi agar steril.

2. Omega 3
Bagi anak Anda yang lebih dewasa agar membiasakan diri menyukai daging ikan. Pada daging ikan terdapat Omega 3 yang terbukti membantu tingkat kekebalan tubuh.
(Baca juga: Cara Mengeluarkan Racun Pada Tubuh)

3. Vitamin C
Tambahkan buah warna kekuningan dan sayuran hijau pada bayi yang telah berumur diatas 6 bulan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Menutup ketika Anda bersin
Ketika bersin -mungkin saja Anda flu- tutup mulut dengan tisu, jangan menggunakan telapak tangan yang bisa saja malah akan menular ke bayi lewat tangan Anda. Untuk itu pastikan tisu berada pada jangkauan.

5. Selalu cuci tangan
Budayakan cuci tangan dalam keluargan Anda. Seperti selalu mencuci tangan setelah  ketoilet, sebelum makan dan kegiatan lainnya. Pun ketika hendak menggendong bayi, pastikan tangan dalam keadaan bersih.