Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 12 September 2014

5 Obat Alami untuk Penyakit Osteoarthritis


KaBeIn, Penyakit Osteoarthritis biasa disebut oleh orang umum dengan penyakit radang sendi, penyakit nyeri sendi dan yang berhubungan dengan sendi lainnya. Osteoarthritis biasanya menyerang orang yang sudah lanjut usai, tapi bukan berarti yang muda tidak bakal kena. Kita juga perlu mengetahui semua tentang Osteoarthritis, seperti cara pengobatannya.

Mengobati nyeri sendi dengan bahan alami (photo: thinkstock)
Berikut ini cara mengobati penyakit Osteoarthritis dengan cara alami dan terbukti efektif. Diambil dari laman stylecraze.com:

1. Dengan olahraga
Olahraga juga bisa dijadikan obat nyeri sendi ini lho. Jika arthritis sedang kambuh, bukan berarti Anda hanya diam saja menunggu sembuh sendiri. Ketika dalam keadaan nyeri dan Anda diam saja maka hanya akan menyebabkan rasa nyeri semakin parah. Anda bisa melakukan olahraga ringan, menggerakkan anggota dengan pelan-pelan agar tubuh semakin kuat.

2. Daun kemangi
Daun kemangi bisa meredakan nyeri dengan menjadikannya lalapan, dijadikan jus atau diseduh seperti minum teh tiap 3 kali sehari. Bukan hanya daun kemangi saja yang berkhasiat meredakan nyeri sendi ini, tapi juga semua tanaman yang masih termasuk keluarga basil.

3. Tanaman paku ekor kuda
Ini merupakan tanaman hias, tentunya Anda sudah familiar dengan paku ekor kuda ini. Untuk meredakan arthritis, Anda bisa menyeduh tanaman ini atau menjadikannya jus. Minumlah setiap hari sampai reda.
(Baca juga: Cara Mengobati Demam Kuning)

4. Cabai merah
 Meskipun pedas, cabai cukup efektif meredakan rasa nyeri arthritis. Anda bisa memakan makanan pedas atau bisa langsung menggosokan cabai pada area nyeri. Mungkin awalnya akan panas, tapi kemudian akan menghangat dan nyeripun reda.

5. Dengan diet
Jika Anda terus-terusan mengalami gangguan arthritis, bisa juga karena sendi tidak kuat menopang berat badan Anda. Usahakan Anda mempunyai berat yang ideal dengan menjalani program diet. Yang perlu diperhatikan jika menjalani diet adalah harus ada asupan kalsium, vitamin D, E dan C dalam menu diet Anda.