Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Kamis, 11 September 2014

5 Manfaat Penting Buah Semangka Untuk Kesehatan


KaBeIn, Segar dan menyehatkan, itulah buah semangka. Buah dengan nama latin Citrullus lanatus memang memiliki segudang manfaat. Dengan mengkonsumsi buah ini, kita tidak hanya sekedar makan buah, tapi kita juga sedang menyehatkan tubuh kita.

5 Manfaat Penting Buah Semangka Untuk Kesehatan
Semangka sangat baik untuk kesehatan (Photo: antaranews.com)
Pingin tahu kandungan apa saja yang ada pada buah semangka? Ikuti ulasan dibawah ini:

1. Makanan alternatif bagi penderita diabetes
Rasa manis alami yang ada pada buah semangka tentunya relatif aman bila dibandingkan dengan gula buatan. Ini menjadikan suatu alternatif makanan bagi penderita diabetes yang memang sedang meninggalkan konsumsi gula buatan. Semangka juga dapat merangsang produksi insulin untuk kekebalan.

2. Untuk kesehatan ginjal
Kandungan kalium yang tinggi pada semangka akan menjaga kesehatan ginjal, membersihkan racun yang mengendap pada ginjal, menurunkan kadar asam urat dalam darah sehingga mengurangi resiko terjadinya batu ginjal.

3. Antioksidan alami
Kandungan likopen yang tinggi dapat mencegah radikal bebas.
Radikal bebas ini bisa berasal dari polusi, pola makan dan daya tahan tubuh yang menurun.

4. Mencegah penyakit sariawan
Kita lebih mengenal buah dengan rasa kecut bisa mencegah sariawan, ternyata buah yang manis seperti semangka juga dapat mencegah sariawan. Ini karena dalam buah semangka mengandung banyak air dan vitamin yang  berperan dalam mencegah munculnya sariawan.

5. Mencegah tekanan darah tinggi serta stroke
Buah semangka mengandung kalium dan karetenoid yang dapat mencegah pengerasan dinding arteri ataupun pembuluh vena sehingga dapat mengurangi tekanan darah.

Anda akan merasakan manfaat buah semangka jika rutin mengkonsumsi buah ini, bukan hanya saat Anda terkena penyakit. Tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?