Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Kamis, 18 September 2014

5 Manfaat Makan Daun Kemangi untuk Kesehatan


KaBeIn, Mungkin Anda sering menemukan daun kemangi ketika makan pecel di restoran atau kaki lima. Memang tanaman herbal ini cocok sekali jika disandingkan dengan makanan berbau kuat, seperti ikan dan daging.

Daun kemangi pada lalapan pecel lele
Beruntunglah jika Anda suka makan daun kemangi segar ini, karena menurut laman Woman's Health daun ini mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan, antara lain:

1. Untuk kekebalan tubuh Anda
Daun kemangi mempunyai kandungan betakaroten yang cukup untuk memberikan tambahan sistem kekebalan tubuh pada Anda. Pada daun ini juga banyak mengandung vitamin C.

2. Sebagai anti-oksidan
Seperti kita ketahui, anti-oksidan akan melawan radikal bebas yang masuk kedalam tubuh, dan daun kemangi bisa menjadi jawabannya. Sebaiknya makanlah daun kemangi ketika masih segar.

3. Melancarkan metabolisme
Senyawa magnesium yang terkandung dalam daun kemangi akan membantu menyerap kalsium dan menstabilkan jantung. Ini akan membuat metabolisme semakin lancar dan juga akan menguatkan gigi dan tulang.
(Baca juga:  Album Baru Kelompok BTOB)

4. Bisa dijadikan aroma terapi
Pada daun ini juga terkandung atsiri yang terbukti dapat mengurangi tingkat stress, menenangkan pikrian serta dapat dijadikan terapi aroma agar pikiran Anda menjadi rileks

5. Dapat mengatasi bau mulut dan bau badan
Jika Anda mempunyai masalah dengan bau badan, biasakan makan daun kemangi, karena pada duan ini mengandung antiseptik yang dapat mencegah bau badan. Kemangi juga dapat mengurangi bau mulut, itulah kenapa ketika Anda makan pecel lele selalu ada daun kemangi dalam lalapannya.