Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Kamis, 11 September 2014

5 Manfaat Laos (Lengkuas) untuk Kesehatan


KaBeIn, Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Ya, lengkuas atau kalau orang jawa menyabutnya, loas. Lengkuas biasanya menjadi langganan untuk dijadikan bumbu dapur.

Manfaat lengkuas atau laos (photo: thinkstock)
Berikut ini 5 manfaat lengkuas untuk kesehatan menurut laman stylecraze.com

1. Untuk kesehatan rambut
Lengkuas dapat menguatkan akar rambut agar terhindari dari kerontokan dan menjaga kesehatan rambut dengan menjadikannya jus lengkuas. Masalahnya apakah Anda berani meminum jus lengkuas? Kalau untuk kesehatan, kenapa tidak?

2. Mengobati gatal kulit dan luka bakar
Lembutkan lengkuas dan bubuhkan pada kulit yang gatal. Ini juga akan menjaga gatal tidak menjalar ke bagian lain.
Anda juga bisa menggunakan jus lengkuas untuk mengobati luka bakar, oleskan 2 sampai 3 kali sehari untuk mempercepat penyambuhan luka.

3. Melancarkan peredaran darah
Dan lagi-lagi menggunakan jus lengkuas. Tapi memang benar, jus lengkuas sangat bagus untuk peredaran darah, mengurangi kolesterol dan lebih banyak oksigen yang masuk ke tubuh

4. Meredakan mabuk laut dan perjalanan
Lengkuas memiliki aroma yang cukup kuat sehingga dapat meredakan mual yang Anda derita. Biasanya, ibu hamil sering merasakan morning sickness hingga tidak mau makan. Namun jika Anda menyeduh lengkuas dengan air hangat dan madu, bisa meredakan mual karena aromaterapinya.

Bahkan ketika Anda sedang mabuk perjalanan, baik laut maupun darat, Anda bisa menggunakan lengkuas untuk meredakan mabuk, karena lengkuas membantu dalam mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan di perut dan membantu keluarnya angin di dalam perut. Anda juga bisa mengobati diare dengan lengkuas karena sifatnya yang antibakteri dan anti-jamur.

5. Kaya akan gizi
Mungkin terdengar aneh ketika kita makan lengkuas secara langsung, tapi ternyata memang lengkuas mengandung segudang manfaat seperti untuk memperlancar pencernaan, kaya kandungan zat besi, natrium, vitamin A, C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta sitosterol, quercetin, dan galangin.

Begitu banyak manfaat lengkuas jika kita mau memakannya secara langsung. Demi kesehatan, siapa takut?
(sumber: stylecraze.com / vemale.com)