Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 12 September 2014

5 Makanan yang Seharusnya Anda Makan Demi Kesehatan Kulit, Rambut dan Kuku


KaBeIn, Dengan makan makanan dibawah ini, Anda bisa menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku. Amazing bukan? Berikut ini 5 makanan tersebut diambil dari laman ehow.com

1. Alpukat dan Minyak Zaitun
Alpukat telah menjadi makanan yang populer karena merupakan sumber vitamin E dan lemak sehat, selain mengandung serat dan vitamin C. Vitamin E adalah antioksidan yang larut dalam lemak yang telah terbukti memiliki kualitas photoprotective yang memberikan perlindungan terhadap radiasi UV dan juga mencegah peradangan, dan kerusakan kulit yang disebabkan UV.

Selain menjadi sumber vitamin E, minyak zaitun juga kaya akan senyawa polifenol, zat antioksidan yang melawan radikal bebas dan membantu dalam mencegah penuaan dini. Vitamin E juga merupakan bahan perawatan kulit topikal yang sangat efektif.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau (Photo: ehow.com)
Sayuran hijau - terutama bayam-  merupakan sumber yang luar biasa dari fitonutrien. Secara khusus, bayam mempunya dua nutrisi penting, lutein dan beta-karoten, yang telah terbukti menjaga elastisitas kulit. Sayuran hijau juga mengandung vitamin C, antioksidan kuat yang membantu memperbaiki kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar UV dan racun lingkungan. Vitamin C juga membantu meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan kekencangan kulit dan elastisitas.

3. Makanan fermentasi
Banyak kondisi kulit (termasuk jerawat ) dapat disebabkan oleh usus yang tidak sehat, yang tidak dapat mencerna makanan yang kita makan dan mengedarkan penyerapan nutrisi. Makanan fermentasi mengenalkan bakteri sehat dalam usus kita, sehingga usus dapat berfungsi lebih baik dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan karena mereka memberikan probiotik, vitamin dan enzim.


Beberapa studi telah menemukan rosacea dan kondisi kulit lainnya dipicu oleh radang dan usus yang tidak sehat. Glutathione (GSH) adalah hasil lain dari fermentasi dan itu adalah antioksidan kuat (terdapat juga dalam alpukat). Makanan fermentasi juga yang murah dan prosesnya mudah.

4. Kacang
Kacang-kacangan mengandung banyak gizi., kaya asam lemak omega, vitamin, antioksidan dan mineral. Secara khusus, kacang Brasil mengandung selenium, yang telah terbukti sangat bermanfaat bagi rambut dan kulit kepala, terutama ketika kering atau rentan terhadap ketombe. Seperti alpukat dan minyak zaitun, kacang-kacangan juga sumber dari Vitamin E, yang membawa semua manfaat yang telah disebutkan di atas.

5. Telur
Kuning telur mengandung nutrisi penting yang disebut biotin, yang merupakan vitamin B (B7). Rendahnya tingkat biotin dapat menyebabkan kuku rapuh dan rambut rontok. Namun, untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari telur, harus dari ayam yang sehat. Ayam tersebut harus mendapat akses yang cukup ke sinar matahari. Sayangnya kita tidak tahu telur yang kita beli berasal dari petarnakan yang bagaimana.