Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 19 September 2014

5 Kebiasaan Para Orang Sukses Sebelum Tidur


KaBeIn, Mungkin kita semua pernah mendengar kisah orang-orang sukses yang selalu bangun pagi, menaklukan dunia pada saat kita baru menaruh secangkir kopi. Tapi bagaimana dengan waktu lainnya? Apakah juga mempunyai peranan penting bagi kesuksesan mereka?

Bagaimana kegiatan orang-orang super sukses berikut ini ketika mau tidur, menarik untuk kita simak. Berikut ini kebiasaan orang sukses ketika menjelang tidur yang dilansir oleh Lifehack.org

1. Bill Gates: Membaca selama satu jam sebelum tidur
Miiliarder pemilik Microsoft, Bill Gates, sangat suka membaca. Setiap malam sebelum tidur, ia menghabiskan satu jam membaca buku, mulai dari topik politik ke peristiwa lainnya saat ini.

Selain manfaat yang jelas mendapat pengetahuan baru, kegiatan membaca juga telah terbukti mengurangi stres dan meningkatkan daya ingat. Sebuah studi tahun 2009 dari University of Essex menunjukkan bahwa membaca selama waktu enam menit sehari dapat mengurangi tingkat stres hingga 68%.

Penelitian lain yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa orang yang merangsang pikiran mereka melalui kegiatan seperti membaca, mengurangi penurunan kognitif rata-rata 32% saat usia mereka bertambah tua.

2. Arianna Huffington: Menaruh ponsel di ruangan lain
5 Kebiasaan Para Orang Sukses Sebelum Tidur
Lain lagi kebiasaan yang dilakukan Arianna Huffington, pemilik Huffington Post ini ketika tidur, dia tidak ingin ada yang menggangu tidur berkualitasnya. Arianna selalu menyingkirkan ponsel ke ruangan lain, sebelum dia tidur. Pokoknya tidak boleh ada yang menggangu tidurnya.

3. Joel Gascoigne: Berjalan-jalan sebentar
CEO dari Buffer ini suka bersantai dengan jalan-jalan sebentar tepat sebelum tidur. Dia menggunakan jalan-jalan untuk melepaskan pikirannya tentang pekerjaan. Setelah dirasa pikirannya fresh dia baru tidur. Tenyata apa yang dilakukan oleh Joel Gascoigne mempunyai manfaat selain untuk kesehatan juga.

Suatu penelitian menunjukkan bahwa berjalan dapat meningkatkan kreativitas. Ketika Anda berjalan, pikiran Anda tidak akan bekerja dengan keras, yang malah membuat ide bebas akan muncul. Jadi jika Anda mempunyai masalah sulit dan belum mampu memecahkannya, mungkin ada baiknya ketika malam Anda melakukan kebiasaan Joel Gascoigne ini, siapa tahu solusi dari masalah Anda tiba-tiba ditemukan.

4. Oprah Winfrey: Meditasi
Pakar media ini telah lama mempunyai kebiasaan meditasi secara teratur. Tidak diragukan lagi, Nona Winfrey ini memiliki jadwal yang begitu padat, dan dia selalu melakukan meditasi menjelang tidur.

Sebuah studi tahun 2014 yang melibatkan lebih dari 19.000 kasus meditasi, mengungkapkan bahwa meditasi dapat membantu mengurangi stres, rasa cemas, depresi, dan rasa sakit.

5. Kenneth Chenault: Rencanakan hari berikutnya
CEO dari American Express ini terkenal pandai dalam mengatur waktu, dikatakan menjelang tidur dia selalu merencanakan tiga  hal yang ingin ia capai pada esok harinya. Dengan begitu, dia bisa bangun di pagi hari, dan mulai bekerja pada tugas-tugas yang paling penting, tugas yang sudah direncanakan sebelum tidur.

Demikian kebiasaan para pesohor sukses ini, semoga menjadi inspirasi.