Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 08 September 2014

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mencuci Wajah


KaBeIn, Jika Anda telah menjalankan anjuran untuk selalu mencuci wajah sebelum dan sesudah tidur tapi mendapati wajah tetap kusam, kemungkinan ada kesalahan setiap kali membersihkan wajah ini. Jadi mencuci wajah bukan sesimpel itu, ada beberapa hal yang perlu dihindari ketika mencuci wajah, agar Anda mendapatkan kulit yang cerah.

Cara membasuh wajah yang benar
Cara membasuh wajah yang benar (photo: thinkstock)
Berikut ini 5 hal yang perlu dihindari ketika membasuh wajah

1. Membilas wajah menggunakan air yang terlalu panas
Bilas wajah menggunakan air biasa saja atau setidaknya air hangat-hangat kuku. Jangan pernah mencuci wajah menggunakan air yang terlalu panas, ini akan mengakibatkan kapiler pembuluh darah dibawah kulit akan membesar dan membuat wajah terlihat kemerahan.

2. Tidak menggunakan handuk wajah atau lap
Ketika Anda membesihkan riasan wajah menggunakan air, sebenarnya masih ada sisa-sisa riasan yang tidak bisa hilang hanya dengan mencuci wajah. Anda masih memerlukan handuk wajah atau lap untuk membersihkannya. Pastikan bahan lap yang Anda gunakan terbuat dari bahan lembut.
Jadi seka wajah Anda menggunakan lap tersebut setelah mencuci wajah

3. Malas mencuci wajah di pagi hari.
Bukan malam hari saja Anda harus mencui wajah, pagi hari juga harus Anda lakukan kalau mengingkan tampilan wajah yang cerah. Mencuci wajah dipagi hari bisa membersihkan minyak alami yang ditimbulkan pada malam hari.

4. Langsung mencuci wajah setelah menggunakan pembersih wajah
Jika Anda sedang menggunakan pembersih wajah, sebaiknya wajah jangan langsung dicuci, tapi diamkan dulu satu menit baru kemudian wajah dibilas dengan air.
Menggunakan pembersih wajah kemudian langsung membasuhnya akan membuat kandungan aktif di pembersih wajah langsung hilang.

5. Salah dalam memilih pembersih wajah
Menggunakan pembersih wajah yang tidak sesuai dengan kulit malah bisa mengakibatkan iritasi. Tips yang paling aman dalam membeli pembersih wajah adalah dengan memilih pembersih wajah yang tidak mengandung bahan sulfat.