Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 08 September 2014

5 Hal yang Dapat Memicu Bunuh Diri, Waspadai Yuk?


KaBeIn, Banyak faktor yang bisa mempengaruhi seseorang untuk bunuh diri, jadi jangan langsung menyalahkan ketika ada seseorang yang mencoba bunuh diri. Kita tidak tahu persis persoalan dan seberapa berat beban mereka hingga ingin mengambil jalan pintas.

(Photo: Thinkstock)

Penting sekali untuk mengetahui faktor-faktor pemicu kenapa seseorang bisa berbuat nekat, membuang nyawa satu-satunya. Yuk kenali faktor pemicu bunuh diri, seperti dilansir dilaman everydayhealth.com  

1. Karena mental dan fisik yang kronis
Mental yang tidak kuat bisa mengakibatkan seseorang ingin bunuh diri, ini terjadi bisa karena depresi, gangguan makan bulimia nervosa dan anorexia nervosa, skizofrenia, gangguan bipolar, dan stress. Mempunyai masalah kesehatan fisik yang kronis juga bisa memicu bunuh diri, misalnya seseorang yang mempunyai penyakit kanker kronis yang susah sekali sembuh. Ujung-ujunga bisa menjadikan depresi dan keinginan untuk mengakhiri hidup lebih cepat.

2. Masalah tidur
Jangan salah, masalah tidur bisa juga menjadi pemicu orang untuk bunuh diri. Ini dikarenakan orang yang selalu kurang tidur akan mudah marah yang berdampak pada stress, jika sudah demikian orang tersebut gampang sekali depresi. Ujung-ujungnya depresi, orang dengan depresi sangat mungkin sekali untuk bunuh diri

3. Karena Ras
Ini bukan masalah rasis, tapi memang beberapa ras tertentu sangat besar prosentasenya dalam bunuh diri. Tahukah Anda, orang kulit putih (kaukasia) ternyata lebih banyak melakukan bunuh diri. Sedangkan tingkat bunuh diri terkecil ada pada ras orang Asia, Kepulauan Pasifik, Afrika-Amerika dan Hispanik. Tapi tentunya angka ini bisa saja berbalik mengingat tekanan hidup semakin berat.

4. Pengaruh umur
Kalau dulu yang melakukan bunuh diri kebanyaan dari kalangan orang tua dan remaja, kini sepertinya akan sebaliknya. Fenomena bunuh diri pada orang paruh baya (sekitar umur 45 sampai 64 tahun) semakin meningkat hingga tahun 2011.  

5. Jenis kelamin Perempuan cenderung mempunyai rasa ingin bunuh diri lebih tinggi, tapi pria cenderung lebih cepat memutuskan untuk bunuh diri. Pria tidak memerlukan pertimbangan lainnya, dia bisa saja secara spontan langsung bunuh diri. (sumber: everydayhealth)