Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Rabu, 17 September 2014

5 Hal Baik yang Perlu Ditiru pada Orang Perancis dalam Pola Makan


KaBeIn, Acara makan seharusnya manjadi saat yang paling menyenangkan, bukan suatu yang perlu dikawatirkan  bagi orang sedang diet menurunkan berat badan. Padahal orang yang takut gemuk bisa saja enjoy dalam santap makan asalkan dia tahu mana yang boleh dimakan dan mana yang tidak, juga tahu kapan waktu boleh makan dan kapan tidak boleh makan sesuatu, seperti kebiasaan orang Perancis yang patut kita contoh dalam hal makanan.

Orang Perancis mempunyai kebiasaan yang patut dicontoh mengenai pola makan (photo: shutterstock)
Orang Perancis makan dengan enjoy tanpa kawatir akan kelebihan berat badan. Mau tahu rahasianya? Berikut ini kami jelaskan berdasarkan laman stylecraze.com

1. Makanlah di meja makan
Semua sudah ada tempatnya, ketika Anda akan tidur tentu akan pergi ketempat tidur. Ketika ingin menonton, tentu Anda akan keruang TV. Dan ketika Anda mau makan, tentunya Anda harus pergi ke meja makan. Bukan makanannya yang menghampiri TV atau tempat tidur. Orang Perancis hanya akan makan ditempat makan, yakni meja makan.

2. Tidak ngemil sesudah makan malam.
Orang Perancis mempunyai kebiasaan tidak makan sesuatupun setelah makan malam, mereka akan menutup acara dinner mereka dengan buah dan setelah itu mulut mereka tidak dijejali makanan lagi. Jika mereka lapar, paling akan meneguk air putih. Kebiasan seperti ini juga akan membuat tidur lebih berkualitas karena akan membuat tidur lebih awal. Tidak ada lagi acara ngemil-ngemil atau nonton sampai larut malam.

3. Makan sedikit ketika tidur
Pada malam tiba, waktunya untuk tidur dan istirahat, makan terlalu banyak akan membuat tidur kita terasa sesak dan mengganggu pernapasan. Sepertinya orang Perancis sudah menyadari hal ini dan menjadikannya tradisi yang baik. Mereka dinner dengan sedikit makan.
(Baca juga: Cara Mendapatkan Kaki Mulus)

4. Tahu kapan harus makan dan kapan harus berhenti makan
Perut kita bukanlah tong sampah yang seenaknya boleh dijejali. Perut juga butuh istirahat dari mengolah makanan. Lagi-lagi orang Perancis lebih menyadari hal ini dan menjadikannya kebiasaan yang sehat. Mereka akan makan ketika memang lapar, dan makan secukupnya. Orang Perancis lebih memilih buah daripada es krim atau teh manis sebagai makanan penutup. Mungkin kita bisa belajar banyak dari kebiasaan orang Perancis ini.

5. Menikmati makan
Kebiasaan orang Perancis dalam makan adalah mereka tidak terburu-buru dalam makan, mereka mengunyah makanan dengan perasaan, menghargai suatu makanan. Mereka bisa berlama-lama dimeja makan sambil berdiskusi kecil antar keluarga.

Tidak ada salahnya mengikutik kebiasaan baik orang Perancis dalam makanan, Yah itu juga jika Anda ingin menjaga berat badan. Semua dikembalikan lagi pada Anda.