Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 08 September 2014

5 Fakta Unik Suku Kurdi, Etnis Terbesar yang Tidak Mempunyai Negara


KaBeIn, Orang Kurdi adalah kelompok etnis di daratan timur tengah yang menghuni daerah disekitar Iran, Irak, Suriah, dan Turki. Daerah yang 'didukuki' suku Kurdi kemudian disebut sebagai Kurdistan. Suku Kurdi mempunyai gerakan nasionalis untuk terus memperlebar daerah otonom.

Mustafa Barzani, pemimpin suku kurdi
Mustafa Barzani (photocopyright wikipedia)
Berikut ini 5 fakta menarik mengenai suku Kurdi:

1. Asal kata Kurdi
Sampai sekarang asal kata Kurdi belumlah jelas. Menurut G.S. Reynolds meyakini bahwa istilah Kurdi kemungkinan besar terkait dengan istilah kuno Qardu.

2. Wilayah suku Kurdi
Suku Kurdi menempati wilayah perbukitan, perekonomian orang Kurdi biasanya mengandalkan pertanian dan peternakan (dengan mengembala).
Wilayah suku Kurdi terpecah pada tahun 1514 ketika terjadi peperangan antara Dinasti Safawiyah dan Ottoman. Suku Kurdi 'terpaksa' menandatangani perjanjian pembagian wilayah Kurdi. Hal inilah yang akhirnya membuat suku Kurdi sampai sekarang tidak mempunyai negara.

3. Suku Kurdi sempat mempunyai negara
Dibawah pimpinan Mustafa Barzani, tahun 1946 suku kurdi sempat mempunyai negara yang disebut Republik Mahabad. Namun tidak lama negara inipun bubar, diduga karena permasalahn dalam pembagian wilayah

4. Agama suku Kurdi
Pada awalnya suku Kurdi banyak menganut agama Persia kuno seperti Zoroaster, Mithraisme, Manichaeisme dan Mazdak. Sempat juga dipengaruhi ajaran Yahudi dan Nasrani.
Namun setelah munculnya Islam, mayoritas suku Kurdi memeluk Islam Sunni yang bermazhab Syafi‘i. dan hanya sedikit (sekitar 1 juta) menganut Islam Shi‘ah.

5. Bahasa suku Kurdi
Sebelum masuk agama Islam, suku Kurdi berbahasa Pahlavi, namun setelah datangnya Islam, suku kurdi berdialek Kumanji.