Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Kamis, 11 September 2014

5 Fakta Menarik Basuki Tjahaja Purnama


KaBeIn, Basuki Tjahaja Purnama atau biasa disapa dengan Ahok adalah seorang elit politik tegas dan pemberani, sepak terjangnya selalu menjadi perhatian masyarkat. Baru-baru ini dia resmi mengundurkan diri dari Partai Gerindra, karena sudah tidak sejalan dengan pemikiran partai.

Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M
(Photo: wikipedia)
Partai Gerindra mendukung UU yang mengesahkan kepala daerah dipilih oleh DPR, bukan lagi oleh pemilihan langsung. Hal inilah yang membuat Ahok geram dan memutuskan untuk hengkang dari partai yang didirikan oleh Prabowo ini.

Berikut ini 10 fakta menarik dari Ir. Basuki Tjahaja Purnama, MM

1. Lahir di Belitung
Ahok lahir  pada tanggal 29 Juni 1966 di Manggar, Belitung Timur dari pasangan Alm. Indra Tjahaja Purnama (Zhong Kim Nam) dan Buniarti Ningsing (Bun Nen Caw).

2. Punya nama Tionghoa
Sebagai keturunan Tionghoa, tentunya di juga mempunya nama Tionghoa, yakni  Zhōng Wànxié

3. Sering pindah partai
Setidaknya Ahok pernah 'melompat' partai tiga kali.
PPIB (2004-2008)
Golongan Karya (2008-2012)
Gerindra (2012-2014)

4. Pernah di dukung Gus Dur
Ketika Ahok memutuskan mundur sebagai Bupati Belitung Timur pada tahun 2006 untuk maju mencalonkan diri menjadi Gubernur Bangka Belitung tahun 2007, GusDur mendukung Ahok bahkan ikut berkampanye. "Ahok sudah melaksanakan program terbaik ketika memimpin Kabupaten Belitung Timur dengan membebaskan biaya kesehatan kepada seluruh warganya" ucap GusDur dalam kampanye.

5. Tokoh Anti Korupsi
Ahok mendapat penghargaan dari Kementerian Negara Pemberdayaan Aparatur Negara, KADIN dan Masyarakat Transparansi Indonesia sebagai tokoh anti korupsi.

Kalau dulu kita mengenal Gusdur sebagai presiden yang tegas dan ceplas-ceplos, kini bangsa Indonesia diberia hadiah lagi pemimpin yang tegas dan pemberani pula, yakni Ahok.
Go Ahok!
(sumber: wikipedia)