Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 09 September 2014

5 Fakta Leo Tolstoy, Sastrawan Rusia


KaBeIn, Leo Tolstoy adalah novelis besar yang berasal dari Rusia abad ke-19. Ia juga dikenal sebagai filsafat moral dan terkenal akan pemikiran-pemikiran terhadap perlawanan tanpa kekerasan yang banyak mempengaruhi pemikir besar lainnya seperti Mahatma Gandhi dan Martin Luther King, Jr.

Fakta Leo Tolstoy
Leo Tolstoy (Photo: wikipedia)
Berikut ini 5 fakta menarik sastrawan Leo Tolstoy

1. Nama asli  Leo Tolstoy
Lahir pada tanggal 28 Agustus 1828 di Yasnaya Polyana, Kekaisaran Russia, terlahir dengan nama lengkap Pangeran Lev Nikolayevich Tolstoy

2. Sastrawan terbesar di Rusia
Tak dapat dipungkiri Leo adalah raksasa sastrawan Rusia bahkan dunia pada abad ke-19.

3. Karya paling populer
Karya terbesar Leo Tolstoy ketika dia memperkenalkan novel  Perang dan Damai dan Anna Karenina.

4. Mempengaruhi secara langsung Mahatma Gandhi
Leo pernah melakukan koresponden dengan Gandhi mengenai pemikiran-pemikirannya. Saat itu Gandhi sedang berada di Afrika Selatan dan telah mulai menjadi aktivis.

5. Meninggal di Stasiun
Leo merupakan orang kaya raya, dia adalah bangsawan Rusia, semasa hidupnya dia dikenal sebagi seorang yang paling dermawan. Leo memberanikan diri pergi meninggalkan rumah dan kekayaannya pada saat umur 82 tahun, beberapa hari kemudian dia diketahui meninggal karena radang paru-paru di stasiun Astapovo pada tanggal 20 November 1910. Ketika pemakamannya, beribu-ribu petani memadati pemakaman seorang sastrawan terkenal ini.