Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 09 September 2014

5 Cara Agar Penulis Terus Bisa Menulis


KaBeIn, Duh, memang sulit sekali menjaga konsistensi dalam menulis. Seringkali kita sudah mencanangkan target menulis kemudian buyar begitu saja tanpa sebab yang jelas. Mungkin juga karena malas, bingung mau nulis apa, atau kalah dengan kesibukan lain.

cara agar bisa terus menulis artikel
Motivasi dalam menulis harus terus dijaga
Butuh lebih banyak dari sekedar motivasi untuk tetap bisa mengeluarkan bentuk tulisan dari pikiran kita. Berikut ini lima hal untuk memotivasi penulis agar terus bisa menulis.

1. Bergabung dengan komunitas menulis
Dengan kita bergabung pada suatu komunitas menulis, maka kita akan sering diingatkan bahwa pekerjaan kita adalah menulis. Sudahkan kita menulis? Dan dikomunitas juga akan menjadi ajang saling memberikan semangat bagi penulis lainnya agar tidak down.

2. Miliki target
Meskipun penulis adalah pekerjaan merdeka, tapi dengan memiliki target maka tidak ada lagi yang namanya malas. Bahwa hari ini harus menulis sekian.

3. Milik cita-cita besar
Untuk penyemangat agar terus menulis, kita harus mempunyai cita-cita yang besar. Misalnya menjadi penulis novel yang terkenal, atau untuk membesarkan blog agar bisa mempunya earning gede.

4. Jadikan terapi
Jika sedang galau atau sumpek, jadikan menulis sebagai terapi. Tuangkan kegalauan atau kemarahan pada sebuah tulisan di blog, selain hati Anda menjadi tenang, artikel blog juga semakin bertambah.

5. Banyak membaca
Dengan banyak membaca, kita bakal mendapatkan banyak ide yang bisa dituangkan dalam tulisan. Banyak membaca juga membuat kita mengetahui pola tulisan dari berbagai penulis untuk dijadikan suatu acuan dalam menulis artikel.