Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 23 September 2014

3 Buku Cara Diet Masa Lalu yang Menggelikan


KaBeIn, Pola pemikiran, dan pengetahuan yang semakin bertambah membuat program diet dari tahun ketahun juga mengalami penyempurnaan. Jika pada masa lalu susu dianggap dapat menurunkan berat badan, tapi tidak pada zaman sekarang. Susu 'haram' jika ingin bertubuh langsing.

Berikut ini beberapa buku metode diet yang membuat kita tercengang dan mungkin malah membuat geli, dilansir dari buzzfeed.com

1. Gemuk bisikan setan

Buku Help Lord - The Devil Wants Me Fat (image: buzzfeed.com)
Sebuah buku diet pada tahun 1970 karya C.S Lovett berjudul Help Lord - The Devil Wants Me Fat! membuat kita tersenyum, bagaimana tidak, dalam buku tersebut menerangkan bahwa setan akan mengalihkan pikiran kita agar memilih makanan enak tidak sehat daripada makanan sehat. Untuk itu diperlukan diet pikiran agar terjaga dari bisikan setan!

Ternyata setan tidak hanya menggoda urusan dosa dan pahala saja, tapi sudah melebar ke makanan!

2. Makan tuna setiap jam!

Buku diet Tuna 'round The Diet Clock tahun 1950 (image: buzzfeed.com)
Lain lagi dengan metode diet yang terdapat dalam buku Tuna 'round The Diet Clock terbitan tahun 1950,dalam buku tersebut kita disuruh berdiet hanya makan tuna dengan porsi dua kali lipat dari biasanya setiap jam! Hayah!

Ini berarti kita akan menumpuk 600 kalori untuk satu kali makan saja. Kalau demikian, bukannya malah menurunkan berat badan tapi metode ini malah jadi program penggemukan. Seperti kita ketahui, kalori adalah salah satu penyebab utama berat badan makin naik.
(Baca juga: Manfaat Musik untuk Kesehatan)

3. Minum susu selama seminggu

Diet minum susu seminggu penuh dan setiap habis makan? Yang benar saja! (image: buzzfeed.com)
Sebuah pamflet diet di California Milk Advisory Board tahun 1970 cukup membuat tercengang. Bagaimana tidak, untuk berdiet kita malah disuruh minum susu selama seminggu penuh dan setiap habis makan!

Padahal untuk menurunkan berat badan, kita direkomendasikan untuk tidak minum susu, dan kalau terpaksa minum susu harus yang low fat atau malah zero fat. Jika metode pada pamflet tersebut dilakukan, kami jamin berat badan malah makin naik!