Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 21 September 2014

4 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan yang Sebaiknya Diketahui


KaBeIn, Sebagai buah tropis, nanas banyak sekali terdapat di Indonesia. Buah dengan daging berwarna kekuningan ini ternyata tidak semua orang suka, ada yang bilang rasanya asam (kecut) ada juga yang tidak suka karena sulit mengupasnya. Ketahuilah, buah nanas bisa menyehatkan kita. Jadi sebaiknya jangan abaikan buah ini.

Masihkan Anda malas memakan buah nanas ini ketika sudah mengetahui manfaatnya?
Berikut ini 4 manfaat yang bisa didapatkan dari buah nanas, seperti dilansir laman fitnea.com

1. Dapat mencegah penyakit tulang dan penggumpalan darah
Manfaat pertama yang bisa kita dapatkan dari buah nanas yakni dapat mencegah penggumpalan darah. Pada buah ini juga terdapat banyak zat besi. Ketika Anda kekurangan tembaga dalam tubuh, mungkin dokter Anda akan menyarankan untuk mengkonsumsi buah nanas. Tubuh yang kurang zat tembaga akan mudah terkena anemia, osteoporosis, sel darah putih rendah dan masalah tiroid.

2. Bersifat anti kanker
Anti karsinogenik yang ada pada buah nanas sangat bagus untuk memperbaiki sel tubuh.
Pada secangkir potongan nanas segar terdapat 70 mg vitamin C dan 95 mg vitamin A. Buah nanas juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan setiap hari dan sekitar 1/5 dari asupan vitamin A harian. Luar biasa bukan?

3. Sebagai obat diuretik
Nanas bisa digunakan untuk melancarkan buang air kecil dan kencing batu. Jika Anda sedang diet, maka nanas bisa membakar lemak yang tentunya akan menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

4. Sebagai obat peradangan
Buah nanas bersifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi bengkak pada gusi, serta gangguan pencernaan. Enzim bromelain yang terdapat dalam buah ini juga membantu dalam memecah makanan untuk menghindari perut kembung.

Setelah mengetahui manfaat besar bagi kesehatan dari buah nanas, masihkah Anda malas untuk memakannya?