Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 15 September 2014

4 Hal ini Juga Penyebab Anda Selalu Kelelahan


KaBeIn, Merasa seharian selalu kelelahan? Kelelahan bukan cuma karena padatnya aktifitas seharian, tapi karena ada faktor lain. Sebab apa sajakah yang membuat tubuh kita selalu kelelahan?  Berikut ini penjelasan yang diambil dari everydayhealth.com

Kelelahan bukan hanya karena faktor padatnya aktivitas, tapi juga karena anemia, stress, depresi atau terkena penyakit
1. Mungkin Anda terkena penyakit tiroid
Penyakit tiroid adalah penyakit autoimun dari kelenjar tiroid yang disebut tiroiditis hashimoto, penyakit ini menyerang pada kelenjar tiroid dengan gejala umum kelelahan pada wanita.

Kelenjar tiroid jika masih normal akan memberikan energi untuk aktifitas Anda, tapi ketika fungsi kelenjar ini bermasalah, maka Anda akan selalu kelelahan. Gejala yang diakibatkan juga bisa saja bertambah seperti menurun atau naiknya berat badan, kulit kering atau menurunnya suhu tubuh.

2. Depresi
Wanita akan mengalami dua kali lebih besar peluang mengalami depresi, bukan hanya itu, depresi pada wanita juga lebih lama daripada pria. Depresi pada wanita bisa meningkat pada pasca melahirkan atau periode postpartum. Kelelahan merupakan gejala umum yang disebabkan oleh depresi. Jika terus berlanjut, depresi juga bisa merembet mengakibatkan penyakit mental yang lebih serius.

3. Stress
Selalu mempunyai pikiran cemas atau gelisah bisa mengakibatkan stress yang berujung pada kelelahan. Stress juga dapat mengakibatkan sulit untuk istirahat dan kurang konsentrasi.
(Baca juga: Manfaat Tauge untuk Kecantikan Kulit)

4. Kurang sel darah merah (anemia)
Penyakit anemia terjadi karena tubuh kita kekurangan zat besi sehingga sel darah merah tidak mampu mengikat oksigen yang banyak untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Gejala anemia yang gampang dilihat adalah pusing, selalu lelah, suhu tubuh menurun dan sakit kepala.
Anemia lebih banyak diderita oleh wanita, biasanya saat sedang haid. Anemia pada pria dan wanita bisa disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B-12, kurangnya zat besi, penyakit autoimun dan asam folat.

Sekarang Anda telah mengetahui penyebab kelelahan, jika Anda bingung bagaimana mengatasinya, Anda bisa berkonsultasi ke dokter. Anda bisa searching dulu di situs KBI ini atau situs lain cara mengatasi masalah diatas. Misalnya Anda bisa mencari bagaimana mengobati anemia dan sebagainya.