Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 22 September 2014

4 Cara Mudah Mencegah Rambut Kering dan Bercabang


KaBeIn, Rambut bercabang banyak terdapat pada rambut panjang, ini karena ujung rambut panjang tidak teraliri minyak yang dihasilkan kelenjar minyak yang berada dikulit. Pewarnaan pada rambut serta penggunaan bahan-bahan kimia juga menyumbang rambut bercabang.

Hindari alat pengeriting atau pelurus rambut untuk meminimalkan rambut bercabang
Ada beberapa tips praktis untuk mencegah rambut kering dan bercabang yang kami ambil dari laman Daily Makeover, diantaranya:

1. Hindari alat rambut bersuhu panas
Penggunaan pelurus atau pengeriting rambut dapat menyebabkan rambut kering dan bercabang. Jika rambut Anda rentan bercabang atau kering, hindari penggunaan alat ini. Jika terpaksa menggunakannya, Anda bisa melapisi lebih dulu dengan kondisioner.

2. Dengan minyak  rambut
Anda bisa menyembunyikan rambut bercabang dengan bantuan minyak rambut. Teteskan minyak rambut pada tangan kemudian aplikasin pada rambut bercabang Anda
(Baca juga: Cara Mengobati Masalah Kantung Empedu)

3. Gunakan sisir bergerigi jarang
Selain untuk merapikan rambut, menyisir juga akan mendistribusikan minyak alami keseluruh rambut, dari pangkal sampai ujung. Tapi ingat, jangan sampai menyisir dengan terburu-buru, ini hanya akan membuat rambut bercabang dan rontok.

4. Cara menggunakan shampo yang benar
Bagi yang mempunyai rambut panjang, usahakan agar ujung rambut tidak terkena shampo. Ini untuk meminimalkan ujung rambut dari terkena bahan kimia. Dan sebaliknya, untuk penggunaan kondisioner, perbanyak pada bagian ujung rambut agar terkena nutrisi. Jangan coba-coba juga untuk membersihkan rambut dengan air hangat.