Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 16 September 2014

4 Cara Agar Makan Siang Anda Dapat Menurunkan Berat Badan


KaBeIn, Jika Anda sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, tentu aktifitas makan siang juga perlu diperhatikan. Jangan sampai hanya karena 'kesalahan' kecil membuat program yang sudah berjalan menjadi buyar. Atau jika Anda tidak sedang diet, tapi takut mengalami kenaikan berat badan, maka pembahasan kebiasaan makan siang yang baik ini bisa Anda perhatikan

Ketahui kebiasaan makan siang untuk menurunkan berat badan (photo: thinkstock)
1. Protein dan serat
Jika Anda menginginkan berat badan turun, maka jangan pernah dalam menu makan siang Anda terdapat ice cream atau jelly. Lupakan makanan ini. Sekarang cobalah beralih ke menu 2 butir telor dan segelas jus wortel atau jus apel. Protein membuat kita tetap berenergi dan tidak membuat kantuk, sedang serat sudah tentu membuat kita lebih awet kenyang.

2. Membawa makanan sendiri
Jika Anda kesulitan untuk mengira-ngira kandungan kalori dalam seporsi makanan, maka Anda bisa mencoba membawa bekal makanan sendiri dari rumah. Membawa bekal sendiri akan memudahkan mengontrol diet Anda.

3. Batasi kalori.
Ketika sedang diet menurunkan berat badan, maka makanan yang harus dihindari adalah makanan tinggi kalori. Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah atau kentang yang mempunyai serat tinggi. Makanan serat tinggi dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama.
Jika tidak ada nasi merah atau kentang, bisa juga mengganti dengan alpukat dan madu serta sehelai roti gandum dan pisang.

4. Minum sebelum makan
Minum setidaknya satu gelas sebelum santap siang akan mengurangi rasa lapar dan melancarkan pencernaan, dengan demikian porsi makan siang Anda tidak akan terlena.