Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 23 September 2014

3 Alasan Kesehatan Kenapa Kita Harus Mendengarkan Musik


KaBeIn, Musik memang mempunyai manfaat besar seperti melatih bahasa, meningkatkan konsentrasi, sebagai penyemangat, untuk menguatkan daya ingat juga untuk melatih koordinasi fisik dan masih banyak lagi.

Tapi tentunya tidak semua aktifitas mendengarkan musik bermanfaat, bisa saja sangat merugikan ketika kita mendengarkan musik dengan sangat keras sehingga memecah konsentrasi. Jenis musik yang sampai sekarang masih dipercaya sangat bermanfaat adalah musik klasik.

Mendengarkan musik akan meningkatkan daya ingat dan menyehatkan otak seiring bertambahnya usia
Berikut ini 3 alasan kenapa kita perlu mendengarkan musik, dilansir dari laman the-open-mind.com

1. Dapat mengurangi tekanan darah
Pada pertemuan American Society of Hypertension di New Orleans dikemukakan, dengan mendengarkan musik klasik setidaknya 30 menit setiap hari, secara signifikan mampu mengurangi tekanan darah tinggi. Luar biasa bukan? Jadi jika Anda mempunyai tekanan darah tinggi, musik klasik bisa dijadikan sebuah terapi.

Anda mungkin sering melihat adegan film seorang berolahraga sambil mendengarkan musik bukan? Berolahraga sambil mendengarkan musik mempunyai manfaat ganda. Karena dapat meningkatkan kemampuan berlari, dapat memotivasi olahraga, stamina tetap terjaga, dan dapat mengembalikan stamina lebih cepat daripada berolahraga tanpa musik. Silahkan dicoba.

2. Meningkatkan kemampuan visual dan lisan
Sebuat studi yang dilakukan pada anak berumur 8 sampai 11 tahun menyebutkan bahwa anak-anak yang mengikuti kegiatan tambahan musik mempunyai tingkat IQ visual dan lisan lebih tinggi daripada anak yang tidak mendapatkan kelas tambahan musik.

Dalam studi lain pada anak berumur 4 sampai 6 tahun menyebutkan anak yang diberi latihan musik selama satu bulan ternyata kemampuan dalam memahami kata-kata dan maknyanya meningkat secara signifikan. Pada penelitian tersebut, anak-anak kecil ini diberi latihan musik yang meliputi melodi, nada, ritme, serta konser dasar bermusik.

Sedangkan untuk orang dewasa sendiri, musik dapat membuat otak kita lebih tajam dan menjaga otak tetap sehat seringi bertambahnya umur.


3.Meningkatkan kekebalan tubuh
Para ahli meyakinkan kita bahwa setiap jenis musik dapat memicu emosi positif sehingga mampu meningkatkan hormon-hormon produksi kekebalan tubuh. Jika fungsi imun pada tubuh baik, tentunya akan mencegah dari berbagai penyakit. Bernyanyi atau mendengarkan musik juga mampu mengurangi stress.