Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 19 September 2014

22 Penyakit Mematikan yang Disebabkan Oleh Sebatang Rokok


KaBeIn, Setelah mengetahui zat kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok (Baca: Zat Mematikan pada Rokok), sekarang akan kami tampilkan daftar penyakit sangat mematikan yang terkandung dalam rokok. Semoga menjadikan diri Anda termotivasi untuk menghentikan rokok.

Merokok menyebabkan kerusakan pada indung telur yang dalam banyak kasus dapat menyebabkan kemandulan
1. Kanker
Satu penyakit yang hampir pasti akan membuat Anda mati jika tidak berhenti merokok hari ini. Tipe kanker yang disebabkan karena merokok seperti paru-paru, ginjal, mulut, pankreas, kandung kemih, tenggorokan dan perut.

Jika Anda seorang perokok dan berencana memiliki anak-anak, maka mungkin Anda membawa reputasi memalukan menyebarkan kanker kepada anak-anak Anda dalam bentuk usus, adrenal dan kanker kandung empedu.

Risiko kematian kanker paru-paru sekitar 22 persen pada perokok laki-laki dan 12 persen pada  perokok wanita. Tapi jika Anda bukan perokok, risikonya rendah; hanya 1,1 persen untuk laki-laki dan 0,8 persen pada wanita.

Meskipun kanker dapat diobati dengan menggunakan teknologi medis yang canggih dan modern, tapi merokok berkepanjangan hanya akan menjadikan pengobatan tersebut sia-sia belaka.

2. Influenza
Sebuah studi yang dilakukan di unit militer Israel dari 336 pria sehat untuk mengetahui hubungan antara merokok dan influenza. Hasilnya mengerikan. 68 persen dari 168 perokok ditemukan memiliki influenza, salah satu penyakit paling mematikan di planet.

Pasien Influenza harus benar-benar terbiasa hidup di neraka; demam ekstrim dan dingin, nyeri tubuh yang parah, hidung tersumbat dan tenggorokan dan sakit kepala tak tertahankan membuat penyakit ini salah satu yang paling ditakuti. Sekarang, Anda tidak ingin mati seperti itu, kan?

3. Penyakit Jantung
Efek pada jantung akibat merokok dapat teramat cepat. Dalam satu menit dari merokok jantung Anda akan berdetak naik. Karbon Monoksida dalam tembakau menghalangi darah dari membawa cukup oksigen ke jantung. Darah cenderung menjadi lengket yang lebih rentan terhadap pembekuan. Lapisan arteri yang rusak parah mengakibatkan kondisi berbahaya yang disebut aterosklerosis (penimbunan deposit lemak pada dinding arteri).

Merokok secara drastis meningkatkan kemungkinan serangan jantung dan stroke. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa merokok mempengaruhi proses pembelahan sel dalam hati dan bahkan dapat mengubah bentuknya.

4. Penyakit Oral
Satu-satunya hal yang terlintas dalam benak kami ketika kami menghubungkan 'Merokok' dan 'Penyakit Oral' adalah kanker mulut. Penyakit ini sangat menakutkan bahwa kami merasa sulit untuk melanjutkan tulisan ini, tapi kami harus. Dapatkah Anda bayangkan lidah atau bagian mulut Anda diamputasi? Jika Anda tidak bisa, maka berhenti merokok adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan segera.

Kebiasaan merokok juga membuat pernapasan sangat buruk. Merokok juga menyebabkan perubahan warna gigi dan menghasilkan noda. Penyakit lain menakutkan adalah penyakit gusi. Kesenjangan terbentuk antara gigi dan gusi yang rentan terhadap infeksi. Apakah Anda ingin seperti ini? Kalau kami lebih suka berhenti merokok.

5. Infertilitas Wanita
Merokok menyebabkan kerusakan pada indung telur yang dalam banyak kasus dapat menyebabkan kemandulan. Bahan kimia berbahaya dalam rokok seperti nikotin dan beberapa orang lainnya menghambat kemampuan tubuh untuk memproduksi estrogen. Merokok juga mengganggu transfer embrio dan aliran darah uterus.

6. Penyakit Menular
Jika Anda suka adanya infeksi serius di dalam dan disekitar paru-paru, maka silahkan teruskan merokok. Merokok lebih dari 20 batang sehari benar-benar dapat berkembang biak risiko ini dengan empat kali. Hal ini juga meningkatkan tingkat infeksi tenggorokan pilek dan bronkitis dan lainnya yang mengakibatkan kerusakan parah pada saluran pernapasan. Merokok mempengaruhi sistem kekebalan tubuh juga.

Oh ya, sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang lemah terkait dengan kerentanan terhadap HIV. Kami yakin Anda tidak ingin itu, kan?

7. Infeksi paru
Jika Anda ingin hidup, Anda membutuhkan oksigen. Dan jika Anda ingin oksigen, Anda perlu fungsi yang baik dari paru-paru.

Merokok mempengaruhi paru-paru. Periode. Kami kira Anda tidak perlu alasan lebih baik daripada ini untuk berhenti merokok.

Kontak jangka panjang dengan senyawa berbahaya dalam asap rokok dapat mengurangi elastisitas alveoli paru-paru, dan dapat menyebabkan COPD (chronic obstructive pulmonary disease). Gejala termasuk batuk parah dengan dahak dan sesak napas akut. Kami harap Anda siap untuk berhenti merokok sekarang, bukan?

8. Kanker Ginjal
Merokok secara drastis meningkatkan risiko kanker ginjal. Perokok memiliki 50 persen peningkatan risiko penyakit.

Efek merokok pada ginjal mengerikan; ini termasuk berkurangnya aliran darah ke ginjal dan penyempitan pembuluh darah dalam ginjal. Hasil penyakit ginjal kronis dalam peningkatan tekanan darah. Ini mengintensifkan risiko gagal jantung kongestif.

9. Impotensi
Perokok menderita risiko 85 persen lebih tinggi dari impotensi dibandingkan non-perokok. Hal ini karena kondisi yang disebut 'penyempitan arteri' (di mana dinding arteri menebal akibat akumulasi sel-sel darah putih) yang disebabkan oleh merokok. Hal ini yang mengakibatkan disfungsi ereksi.

10. Kehamilan
Kehamilan adalah salah satu periode ketika rokok HARUS dijauhkan. Jika tidak akan mempengaruhi bukan hanya ibu, tapi juga anaknya; sesuatu yang seorang ibu tidak akan pernah mau.

Perokok hamil menderita resiko yang sangat tinggi keguguran. Kesehatan janin juga akan berbahaya. Paparan asap rokok dan merokok ibu pada saat kehamilan telah terbukti menyebabkan bobot lahir bayi rendah.

Telah ditemukan bahwa paparan pralahir untuk asap rokok dapat menyebabkan gangguan perilaku pada anak-anak.

11. Stres
Kebanyakan dari kita memiliki stres. Ini normal. Tapi perokok ditemukan memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dari biasanya.

12. Masalah Kognitif
Rokok diketahui melampiaskan malapetaka dengan fungsi kognitif. Mereka juga berkontribusi terhadap kejadian demensia, penurunan memori dan kemampuan kognitif pada remaja. Merokok juga dapat menyebabkan penyusutan otak.

Merokok juga diketahui yang menyebabkan penyakit Alzheimer.

13. Mempengaruhi tulang
Tulang dan otot membentuk kerangka dasar tubuh kita. Melemahnya tulang dan otot karena usia mungkin normal, tapi merokok serius dapat memberi kita hak istimewa itu pada usia yang jauh lebih muda. Merokok mengurangi kepadatan tulang dan melemahkan tulang.

14. Mempengaruhi Sistem kekebalan
Sistem kekebalan tubuh kita adalah apa yang melindungi dan menjaga kita dari penyakit dan penyakit mematikan. Jika kita bermain-main dengan hal itu, bahkan flu sepele pun dapat membuat Anda ke rumah sakit. Bahkan mungkin memakan waktu lebih lama untuk pulih dari penyakit umum.

Itulah yang akan terjadi jika Anda tidak segera berhenti merokok. Penyakit ringan menjadi berat dan berlangsung lama.

15. Mempengaruhi Respiratory System
Merokok menyebabkan iritasi parah dalam tenggorokan dan laring (kotak suara). Saluran udara paru-paru menjadi sempit dan bengkak yang menyebabkan sesak napas. Juga, merokok menimbulkan kerusakan permanen pada kantung udara di dalam paru-paru.

Infeksi Tenggorokan adalah salah satu masalah utama dari sistem pernapasan. Sensasi terbakar konstan dalam tenggorokan, ditambah dengan iritasi dan rasa sakit adalah beberapa hal yang kami  kira Anda tidak akan ingin mengalami.

16. Mempengaruhi Kulit
Kulit setiap orang memiliki keindahan tersendiri. Merokok dapat mengurangi jumlah oksigen yang mengalir menuju kulit. Hal ini membuat kulit Anda tua, kusam dan tak bernyawa.

Merokok juga menyebabkan keriput, terutama di sekitar mata dan mulut. Sekarang, Anda tidak ingin anak-anak Anda memanggil Anda Nenek atau Kakek, kan?

17. Mempengaruhi Kepekaan terhadap Bau dan Rasa
Anda dapat melihat makanan yang nikmat sebelum Anda. Tapi Anda tidak bisa mencium baunya. Dan juga tidak dapat merasakannya. Kami tidak bisa membayangkan sesuatu yang lebih menyedihkan.

18. Penyakit usus kronis
Disebut 'Penyakit Crohn', penyakit usus ini adalah kondisi yang sangat menyakitkan dan melemahkan. Gejalanya termasuk sakit perut yang parah, diare dengan tinja berdarah, demam tinggi dan penurunan berat badan. Karena peradangan berkepanjangan dan intens dalam tubuh, ruam mungkin akan berkembang dari kulit dan sekitar mata.

19. Peptikum Bisul
Ulkus mengerikan. Rongga terbentuk di lapisan lendir lambung dan ini menyebabkan sakit perut yang parah. Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan adalah gejala berat lainnya.

Ulkus umumnya diketahui disebabkan oleh makanan yang tidak memadai dan tidak tepat waktu. Tapi merokok dapat berkontribusi dengan caranya sendiri juga.

20. Masalah dengan Tidur
Kebiasaan merokok membuat kaca pola tidur Anda. Entah Anda akan berakhir jatuh tertidur tidak tepat, atau gangguan konstan selama tidur akan membuat tidur Anda tidak nyenyak.

21. Penyakit Mata Dan Berkurangnya Daya Penglihatan
Kebanyakan dari kita tahu merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru dan penyakit jantung; tapi  kita tidak menyadari bahwa merokok dapat memiliki efek yang sama parah dan merugikan pada mata. Perokok berat membawa lebih tiga kali risiko katarak dibandingkan dengan non-perokok.

Merokok juga menyebabkan sindrom mata kering, yang lebih menonjol pada perokok dibandingkan non-perokok.

22. Diabetes
Mungkin ini mengejutkan Anda, tapi benar  perokok memiliki risiko empat puluh persen lebih tinggi terkena diabetes tipe 2 jika dibandingkan dengan non-perokok.