Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Sabtu, 27 September 2014

14 Pengobatan Alami Menghilangkan Noda Tartar, Karang, dan Plak Gigi


KaBeIn, Rutin menjaga kesehatan gigi sangat diperlukan untuk tetap mendapatkan gigi putih sehat, jika Anda malas menyikat gigi, siap-siap saja untuk mempunyai gigi kuning, mempunyai plak, karang gigi atau tartar.


Ada beberapa pengobatan alami yang dapat mengobati plak gigi atau tartar, seperrti dilansir dari Stylecraze, berikut ini 14 diantaranya:

1. Menyikat gigi dengan benar
Menyikat gigi dengan benar sehabis makan mencegah pembentukan karang gigi. Gunakan sikat gigi dengan bulu lembut untuk menjangkau sudut dan permukaan gigi. Pastikan memegang sikat pada sudut 45 derajat ke garis gusi.

2. Gunakan pasta gigi dengan fluoride
Pasta gigi fluoride membantu meningkatkan konsentrasi fluoride pada gigi, yang memperkuat gigi dan mencegah gigi berlubang. Fluoride membuat email gigi lebih kuat sehingga mereka cenderung menderita asupan makanan dan minuman asam. Menggunakan pasta gigi fluoride membantu daerah yang terkena pembusukan kembali termineralisasi-dan melindungi dari bakteri yang mengakibatkan pembentukan tartar.

3. Gunakan pasta gigi Tartar-Control
Menggunakan pasta gigi tartar-kontrol sangat bermanfaat untuk menghilangkan plak dan karang gigi. Pasta gigi jenis ini mengandung sejumlah bahan kimia, seperti pirofosfat, seng sitrat, fluoride dan lain-lain. Bahan-bahan ini akan mencegah pembentikan tartar pada gigi. Beberapa pasta gigi tartar-kontrol juga ditemukan mengandung antibiotik yang disebut triclosan, yang dapat membunuh bakteri mulut tertentu.

4. Sikat gigi dengan baking soda
Campurkan satu sendok makan baking soda dengan sedikit garam. Basahi sikat gigi dan celupkan ke dalam campuran baking soda, kemudian gosoklah gigi Anda dan bilas. Menyikat gigi dengan baking soda juga dapat membantu menghilangkan karang gigi dan memutihkan gigi.

5. Gunakan gel lidah buaya
Dalam secangkir air, tambahkan setengah cangkir baking soda, 1 sendok teh gel lidah buaya, 10 tetes minyak esensial lemon dan 4 sendok teh gliserin sayuran. Aduk dalam satu tempat. Gosok gigi Anda setiap hari dengan campuran ini untuk menghilangkan karang gigi.

6. Menggunakan kulit jeruk
Pengobatan rumahan lainnya untuk menghilangkan karang gigi adalah menggosok kulit jeruk langsung ke gigi. Biarkan semalaman tanpa dibilas. Kulit jeruk juga bisa dibuat menjadi pasta dan diaplikasikan pada gigi. Ini untuk melawan tartar membentuk mikroorganisme di mulut dan merupakan cara alami yang murah untuk memutihkan gigi bernoda tartar.

7. Mengunyah buah dan sayuran
Ide bagus lainnya adalah dengan mengunyah apel, melon, wortel atau batang seledri. Mengunyah buah-buahan atau sayuran tersebut ketika satu jam setelah makan dapat membersihkan gigi secara alami. Hal ini tidak hanya menghilangkan partikel makanan, plak atau karang gigi pada gigi Anda, tetapi juga memperkuat gusi.

8. Mengujah biji wijen
Pengobatan rumahan sederhana lainnya untuk mendapatkan gigi putih berkilau adalah biji wijen. Kunylahlah segenggam biji wijen dengan perlahan-lahan, namun jangan menelan mereka. Sikat gigi Anda dengan sikat gigi kering dalam keadaan Anda masih mengunyah biji wijen. Biji ini bertindak sebagai scrub alami. Sedangkan sikat gigi kering membantu menghilangkan karang gigi.

9. Makan buah ara
Makan buah ara merupakan cara lain untuk membersihkan gigi dan memperkuat gusi. Makan 3 sampai 4 buah ara sekaligus dan kunyahlah dengan perlahan-lahan. Proses ini akan merangsang kelenjar ludah dan meningkatkan sekresi air liur. Hal ini membantu untuk membersihkan gigi dengan menghilangkan plak dan karang gigi.

10. Gunakan sikat gigi elektrik
Gunakan sikat gigi elektrik untuk menyikat gigi Anda karena sikat jenis ini jelas lebih baik digunakan daripada yang manual. Sikat gigi ini membantu menghilangkan tartar dan menjaga gigi Anda rapi dan cerah. Jenis sikat gigi juga dianjurkan oleh dokter gigi sebagai cara terbaik untuk menjaga gigi bersih dan bebas dari plak dan karang gigi.

11. Flossing secara teratur (membersihkan gigi dengan bantuan benang)
Flossing adalah cara terbaik untuk menghilangkan plak dan partikel makanan disela-sela gigi. Flossing gigi secara teratur setelah berkumur mencegah pembentukan karang gigi dan mempertahankan kebersihan mulut. Floss tidak hanya membersihkan sela-sela gigi, tetapi juga antara gusi, sehingga mengusir penyakit yang biasa menempel di rongga gigi

12. Berkumur dengan antiseptik pembersih mulut
Menggunakan antiseptik pembersih mulut atau hidrogen peroksida juga menghilangkan karang gigi. Campurkan 1 sendok makan obat kumur antiseptik dengan 3 sendok makan 3 persen larutan hidrogen peroksida. Berkumur dengan 10 ml larutan ini selama satu menit atau lebih akan mengoksidasi tepi gusi dan permukaan gigi, yang membantu untuk melonggarkan dan menghapus tartar. Gunakan cairan tersebut untuk berkumur setelah makan atau setidaknya sekali sehari. Ini sangat membantu untuk menghilangkan partikel makanan yang terjebak pada gigi.

13. Gunakan buah dengan kaya vitamin C
Aplikasikan pasta dari buah-buahan yang kaya vitamin C, seperti tomat atau stroberi pada gigi Anda. Biarkan selama 5 menit. Bilas mulut dengan campuran air hangat dan baking soda. Hal ini membantu menghilangkan karang gigi dan membunuh bakteri di mulut. Lebih baik jika Anda secara teratur mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C dalam diet Anda.

14. Makan makanan pedas
Makan makanan pedas dapat juga menghilangkan karang gigi yang muda. Makanan pedas, seperti salsa meningkatkan sekresi air liur dengan merangsang kelenjar ludah. Air liur berlebih ini dihasilkan dalam mulut membantu dalam membersihkan gigi dan gusi.
(kredit: Stylecraze.com)