Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 15 September 2014

11 Manfaat Kecambah (Tauge) untuk Kesehatan Rambut dan Mencegah Kerontokan


KaBeIn, Kecambah atau tauge,  makanan yang biasanya diolah bersama dengan bahan makanan lain sudah terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Kecambah juga bisa untuk program diet menurunkan berat badan (silahkan baca: Manfaat Kecambah untuk Diet)

Kecambah dapat mencegah kerontokan rambut dan mencegah uban datang lebih awal (photo:stylecraze)
Ternyata masih sangat banyak manfaat dari tauge ini, seperti untuk kesehatan rambut, mencegah uban lebih awal, mencegah kerontokan dan masih banyak lagi. Berikut ini manfaat kecambah untuk kesehatan rambut yang diambil dari laman stylecraze.com

1. Untuk pertumbuhan rambut
Kecambah mengandung cukup vitamin C, telah terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Menghancurkan radikal bebas dalam tubuh yang membuat rambut lemah, rapuh dan tipis. Kecambah juga mencegah berbagai gangguan seperti alopecia dan hirsutisme.

2. Meningkatkan sirkulasi darah
Kecambah meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat serta memperbaiki kapiler agar rambut kuat dan tebal. Membantu menghasilkan pembuluh darah baru dan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala dan folikel. Sebuah pasokan darah yang sehat adalah stimulan yang baik untuk pertumbuhan rambut.

3. Kaya akan Vitamin A
Jumlah tinggi vitamin A dalam kecambah merangsang folikel rambut dan mendorong kulit kepala memproduksi lebih banyak rambut. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kulit kepala kering sehingga menyebabkan rambut rontok. Kecukupan akan vitamin A sangat penting dalam mendorong pertumbuhan rambut sehat.

4. Kaya sumber antioksidan
Rambut beruban lebih awal disebabkan karena oksidasi jaringan. Kecambah mempunyai antioksidan yang tinggi untuk mencegah kerusakan jaringan, mengurangi kemungkinan uban datang lebih awal.

5. Kaya akan Vitamin K
Kecambah mengandung vitamin K, vitamin larut lemak yang membangun protein dalam kulit kepala untuk menjaga akar rambut yang kuat.
(baca juga: Ingin Gemuk? Coba Cara Gampang Ini)

6. Kaya zat besi
Kecambah mengandung banyak zat besi yang dibutuhkan untuk membawa oksigen ke kulit kepala dan akar rambut. Rambut yang kekurangan zat besi dapat mudah rontok

7. Mengandung banyak Zinc (zat seng)
Kecambah mengandung seng, nutrisi yang memberikan kontribusi bermanfaat bagi kulit kepala. Membuat kulit kepala dan helai rambut terhidrasi yang akan membuat regenerasi sel-sel kulit kepala.

8 Anti ketombe
Selenium dalam kecambah membantu membunuh Malassezia, jamur yang mengandung fragmen kering dari kulit kepala. Kecambah  juga membantu meringankan gatal kulit kepala karena mempunyai sifat antijamur.

9. Asam omega untuk rambut sehat
Konsumsi rutin kecambah akan membuat rambut lebih kilau dan bersinar. Kecambah mengandung asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk nutrisi folikel rambut. Mencegah rambut kering dan rapuh, dan mengembalikan rambut rontok. Kecambah juga mencegah rambut kusam dan rambut mati.

10. Menstabilkan hormon

Ketidakseimbangan hormon adalah salah satu penyebab terbesar dari rambut rontok pada wanita. Kecambah dapat menyeimbangankan hormon dan mengembalikan vitalitas rambut.

11. Mencegah kekurangan biotin
Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut rapuh dan rusak. Jadi mengkonsumsi kecambah dengan jumlah yang cukup dapat  meningkatkan tingkat biotin dan membantu dalam pertumbuhan rambut.