Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 19 September 2014

10 Tips Mengurangi Asupan Udara Ketika Makan untuk Mencegah Bersendawa


KaBeIn, Tips berikut ini untuk mengurangi asupan udara ketika makan untuk mencegah bersendawa. Sedangkan untuk menyembuhkan bersendawa Anda bisa membaca (Cara Mencegah Sendawa dengan Alami)

Ketika makan sambil ngobrol, kita juga akan 'makan' udara yang membuat kita bersendawa
Secara medis, bersendawa disebut dengan eruktasi. Untuk mencegah bersendawa, Anda harus mengurangi jumlah udara yang masuk ke tubuh. Berikut ini beberapa tips membantu mengurangi asupan udara:

1. Hindari minuman berkarbonasi, seperti soda, minuman ringan, bir dan anggur bersoda. Minuman ini mengandung karbon terlarut, yang menciptakan gas dalam perut. Ketika Anda menelan minuman seperti ini, Anda menelan udara.

2. Permen karet dan permen membuat Anda menelan udara.

3. Beberapa makanan, seperti souffle, omelettes, whipped cream dll, berisi udara. Makanan ini harus dihindari jika ingin mencegah bersendawa.

4. Hindari menggunakan sedotan. Anda menarik lebih banyak udara dari biasanya ketika Anda menggunakan sedotan.

5. Makanlah dengan perlahan dan mengunyah dengan mulut tertutup. Ketika Anda makan dengan cepat, Anda cenderung menelan udara. Mereka yang menelan makanan berbarengan dengan minum juga akan menelan udara berlebih.

6. Jangan berbicara sambil mengunyah.

7. Hindari berbaring segera setelah makan karena akan meningkatkan penumpukkan gas.

8. Berhenti merokok. Merokok menarik lebih banyak udara, yang menyebabkan bersendawa.

9. Hindari memakai pakaian ketat. Tekanan pada daerah perut dapat menyebabkan bersendawa.

10. Hindari dingin, Dingin menyebabkan hidung tersumbat. Hal ini dapat menyebabkan iritasi dan memaksa Anda untuk bernapas melalui mulut.