Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 19 September 2014

10 Tips Efektif Menghilangkan Kebiasaan Menghisap Jempol Pada Anak


KaBeIn, Anda akan merasa jengkel melihat si kecil mengisap jempol sambil bermain atau duduk sambil menonton acara kartun favoritnya bukan? Sebenarnya tidak masalah, anak kecil menghisap jempol sebagai refleks alami yang dapat menenangkan mereka. Tapi itu kalau masih kecil, kalau anak Anda sudah berumur 5-7 tahun dan ternyata masih menghisap jempol, tentunya bisa menjadi hal yang memalukan. Apalagi dilakukan ditempat umum. Jika demikian sudah waktunya Anda berusaha menghentikan kebisaan ini.

Menghilangkan kebiasaan anak menghisap jempol bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan
Ketika anak kecil mengisap jempol mereka akan menemukan kenyamanan dan kadang-kadang akan membuat mereka tertidur. Masalah akan timbul ketika sang anak bertambah usia dimana gigi permanen mulai keluar, jika terus menghisap jempol dikawatirkan dapat menyebabkan misalignment gigi (pertumbuhan gigi tidak rata) dan berpengaruh jelek pada langit-langit mulut.

Ternyata ada masalah medis yang bisa diakibatkan kebiasaan menghisap jempol ini, yakni dapat menyebabkan chapping atau retak kulit, juga kemungkinan berkembangnya beberapa infeksi di kuku jempol.

Menyuruh meninggalkan kebiasaan menghisap jempol pada anak tidak mungkin langsung bisa diterima oleh mereka. Ini harus sabar, tidak bisa langsung instan. Karena mereka telah bertahun-tahun menghisap jempol, tidak mungkin dapat dipaksa dengan spontan.

Berikut ini 10 cara menghilangkan kebiasaan menghisap jempol pada anak-anak, seperti dilansir stylecraze.com

1. Alihkan perhatian anak
Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menghentikan kebiasaan mengisap jempol. Yang perlu Anda lakukan adalah terlibat atau berinteraksi dengan anak. Setiap kali melihat anak menghisap ibu jarinya, Anda bisa mengalihkan perhatiannya dengan tiba-tiba menyuruh anak untuk memeluk mainan, menyuruh mengemong bonekanya, membaca buku, atau bermain game favoritnya.

2. Bungkus Ibu jari anak
Bungkus ibu jari dengan plester, kain lucu atau ditutupi dengan sarung tangan boneka. Intinya pastikan jempol anak tidak dalam keadaan terbuka. Ketika Anak tertidur, jempol juga harus tetap terbungkus benda sekiranya sulit untuk dimasukkan kedalam mulut.

3. Batasi waktu menghisap jempol
Jelaskan pada anak bahwa tidak ada-apa menghisap jempol tapi hanya pada malam hari saja. Ini akan mencegah anak menghisap jempol sepanjang hari.

4. Oleskan air jeruk nipis pada jempol.
Anak-anak biasanya tidak suka rasa air jeruk nipis. Ketika anak Anda menghisap jempol dan mendapati rasanya tidak enak, ini akan membuat mereka tidak menyukainya. Anda bisa mengganti air jeruk nipis dengan yang tidak disukai anak lainnya. Tapi ingat! Jangan pernah menggunakan bahan-bahan berbahaya, apalagi bahan kimia!

5. Berikan hadiah
Berikan penyemangat berupa hadiah jika dia berhasil tidak menghisap jempol lagi. Hargai secara periodik dulu, misalnya seminggu tidak menghisap jempol akan diberi hadiah, kemudian sebulan sampai akhirnya dia sama sekali tidak menyukai jempol meskipun tanpa hadiah.

6. Biarkan anak berhenti sendiri
Ini mungkin sangat lama, dengan cara ini Anda hanya jangan bosan untuk berbicara agar dia mau meninggalkan kebiasaan menghisap jempol, terus saja diingatkan. Tapi jangan pernah memaksa!

7. Menggunakan bantuan benda favorit anak
Gunakan contoh kartun favoritnya atau karakter komik. Coba berikan pertanyaan seperti ini, "Apakah kamu melihat Marsha (tokoh kartun) mengisap ibu jarinya?"

8. Beri penggantinya
Mengisap jempol dapat menenangkan anak-anak. Oke! Mari kita coba beberapa hal lain yang juga dapat melakukan hal yang sama. Berikan anak lollipops atau permen setiap kali ia hendak meletakkan ibu jarinya ke dalam mulut.

9. Gunakan pengaman jempol
Ini adalah bahan dari plastik yang dapat dipasang pada ibu jari, dan memang efektif menyulitkan anak mengisap jempol. Tapi menggunakannya secara paksa dapat mempengaruhi jiwa anak Anda. Jadi berhati-hatilah!

10. Jangan perhatikan, abaikan saja.
Ya, abaikan saja ketika anak mengisap jempol. Kedengarannya memang aneh tapi kadang-kadang, ini malah berhasil. Sebagian anak-anak menghisap jempol untuk menarik perhatian Anda. Jadi, mengabaikan adalah metode terbaik mencegah dari menghisap jempol. Tapi selalu lirik dia diam-diam.

Cobalah langkah-langkah diatas sambil terus mengingatkan dia. Dan pastikan bahwa Anda selalu ada untuk membantu dia keluar dari kebiasaan ini.