Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 19 September 2014

10 Tips Efektif Agar Tubuh Terbebas dari Racun


KaBeIn, Meskipun tubuh sudah mempunyai sistem sendiri untuk mengeluarkan ancaman racun dari dalam tubuh, tapi kita juga harus membantu mereka agar racun dalam tubuh lebih gampang dilekuarkan. Untuk memberikan dampak yang maksimal setidaknya ada 10 langkah yang dapat membantu racun keluar dari tubuh dengan cepat. Langkah apa sajakah?

Minum air putih yang cukup terbukti dapat menyegarkan kulit
Berikut ini 10 tips yang terbukti efektif membantu tubuh mengeluarkan racun seperti diungkapkan situs lifehack.org:

1. Melakukan latihan pernapasan
Ini hal yang paling mudah untuk mengeluarkan racun, yakni dengan latihan pernapasan. Disetiap kesempatan, luangkan waktu Anda untuk menarik napas dengan dalam dan pelan. Ini akan membuat tubuh mendapat asupan oksigen yang cukup. Pernapasan juga terbukti dapat menyegarkan jiwa kita.

2. Hentikan merokok dan minuman keras
Tidak ada satupun kebaikan untuk kesehatan dalam aktifitas merokok, kecuali hanya keburukan dan penyakit mematikan lainnya. Sedangkan minuman keras telah terbukti dapat merusak organ hati.

3. Buang air besar dengan teratur.
Usahakan setiap hari Anda melakukan buang air besar, jika Anda ternyata mengalami buang air besar dengan teratur, bisa jadi dalam tubuh Anda terdapat banyak racun.

4. Perawatan ke sauna
Pergi ke sauna akan membuat Anda mengelurkan keringat yang dapat menyehatkan metabolisme tubuh. Sepertinya kaum hawa lebih mengerti pergi kesauna, terbukti sauna lebih didominasi oleh perempuan. Sebaiknya pria juga melakukan hal ini.

5. Melakukan meditasi
Pikiran yang jernih ikut berperan melancarkan pembuangan racun dari tubuh. Awali aktivitas Anda dengan bermidatasi 15 menit sebelumnya. Dapatkan kedamaian dengan duduk bersila dan tenangkan pikiran dipercaya ikut membantu membuang racun.

6. Minum air putih
Dengan asupan air yang cukup, dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan juga memperlancar proses detoksifikasi tubuh. Dengan minum air putih yang cukup juga membuat kulit lebih segar.

7. Dengan berkeringat.
Keringat yang keluar dalam tubuh juga akan membawa sejumlah racun ikut serta. Lakukan olahraga rutin agar Anda selalu berkeringat.

8. Dengan peregangan otot.
Lakukan peregangan otot dan tahan sampai waktu tertentu (seperti pada yoga) dapat membuat Anda lebih rileks, oksigen dalam tubuh menjadi lancar sehingga membantu proses detoksifikasi.

9. Konsumsi teh hijau
Teh hijau terbukti mempunyai anti-oksidan yang sangat diperlukan untuk kelancaran metabolisme tubuh. Teh ini juga mampu mengobati penyakit selesma, dan yang jelas minum teh hijau akan memberi asupan cairan pada tubuh.

10. Kurangin makanan cepat saji
Tubuh Anda akan mempunyai banyak lemak, sodium, dan gula berlabih jika terus-terusan mengkonsumsi makanan instan. Selalu makan buah dan sayur untuk mendapatkan manfaat tubuh lebih berenergi dan lebih segar daripada Anda mengkonsumsi makanan cepat saji.