Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 14 September 2014

10 Manfaat Stevia untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui


KaBeIn, Stevia Rebaudiana, atau biasa disebut stevia, adalah suplemen herbal baru yang populer di kalangan pecinta hidup sehat. Jika Anda penderita diabetes atau mencoba untuk menurunkan berat badan, Anda harus beralih ke stevia.

Segudang manfaat untuk kesehatan bisa Anda dapatkan melaui Stevia (photo: Shutterstock)
Stevia sangat rendah kalori dan dapat digunakan sebagai pengganti gula, berkat rasa manisnya. Stevia telah disetujui oleh FDA dan efektif serta aman untuk dikonsumsi. Kalau mau tahu detil tentang stevia, Anda bisa baca di wikipedia

Pingin tahu lebih manfaat stevia? Baca ulasan berikut ini

1. Dapat digunakan untuk pengobatan
Daun stevia dapat digunakan pada luka, termasuk luka sayatan untuk mengurangi rasa sakit. Stevia meningkatkan proses penyembuhan dan membuat kulit lebih halus serta untuk regenarasi kulit. Daun stevia juga dapat digunakan untuk pengobatan dermatitis dan eksim.

2. Pemanis alami
Stevia bisa digunakan sebagai pengganti gula karena mempunyai rasa manis alami, dan tentunya sangat aman tidak seperti pemanis sintetis lainnya. Stevia tidak mempunyai efek samping dan aman dikonsumsi oleh semua orang, bahkan anak-anak.

3. Mengobati diabetes

Stevia dapat mensekresikan insulin dan merupakan cara yang bagus untuk mengobati diabetes. Stevia memiliki steviosides, yang memproduksi insulin dalam tubuh, meskipun 40 kali lebih manis dari gula.

4. Dapat menurunkan berat badan
Stevia dikenal di seluruh dunia sebagai suplemen makanan, yang membantu dalam penurunan berat badan. Stevia dapat mengurangi keinginan seseorang untuk mengkonsumsi makanan manis.

5. Bahan serbaguna
Stevia tidak hanya digunakan sebagai pemanis alami, tetapi juga dapat dimasak dan disajikan sebagai hidangan penutup bersama dengan makanan lainnya.
(Baca juga: Efek Negatif Buah Asam Jawa)

6. Mengendalikan kadar gula darah.
Stevia mengandung asam chlorogenic yang dapat mengurangi tingkat konversi glikogen menjadi glukosa oleh enzim aktif dalam tubuh. Stevia juga dikenal dapat menurunkan penyerapan glukosa dalam saluran pencernaan. Hal ini jelas bahwa seperti karakteristik positif dari stevia adalah membantu dalam mengendalikan kadar gula darah.

7. Stevia Apakah Anti Bakteri
Stevia dapat menghambat pertumbuhan bakteri seperti streptokokus yang tumbuh di dalam mulut. Bakteri ini diketahui menyebabkan gigi berlubang orthodental. Jadi, pemanis alami ini, jika digunakan secara teratur, dapat juga mencegah gigi berlubang dan radang gusi.

8. Kaya akan nutrisi
Stevia kaya akan vitamin dan mineral dan berbagai nutrisi lainnya seperti seng, magnesium, kalsium dan sodium. Jadi, bukan hanya membantu mengontrol berat badan, tetapi juga memberikan tubuh nutrisi penting yang diperlukan untuk fungsi yang tepat.

9. Meningkatkan produksi kalsium
Stevia sangat baik untuk anak-anak dan wanita menopause. Stevia mengandung kalsium dan dapat meningkatkan pertumbuhan tulang yang kuat. Stevia juga dapat mencegah osteoporosis dan penyakit tulang lainnya.

10. Anti-oksidan
Stevia mengandung beberapa antioksidan dan sterol seperti flavonoid, tanin, triterpen, polifenol, bahan kimia nabati seperti quercetin, asam caffeic, kaempferol, isoquercitrin, dll, yang semuanya berguna dalam mencegah serangan radikal bebas dalam tubuh.