Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 26 September 2014

10 Manfaat Menakjubkan dari Susu Rendah Lemak


KaBeIn, Tentu kita sudah tahu banyak tentang pentingnya susu untuk kesehatan. Banyak yang terpaksa tidak minum susu karena beranggapan susu kayak akan lemak, sehingga mereka takut mengalami kegemukan. Memang benar, susu bisa saja mangandung banyak lemak, tapi bukan berarti Anda lantas meninggalkan susu. Anda bisa mengganti asupan susu dengan susu rendah lemak. Banyak kok dipasaran.

Susu rendah lemak sangat bagus untuk ibu hamil (Photo: Shutterstock)
Apa itu susu rendah lemak?
Susu rendah lemak adalah bentuk olahan dari susu. Susu tersebut diolah dengan menghilangkan  lemak pada susu, sekaligus menjaga nutrisi lain tetap utuh. Susu jenis ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh, meskipun kebanyakan susu rendah lemak tidak berasa enak ketika diminum.

Jika Anda terbiasa dengan susu dengan aneka macam rasa, mungkin Anda tidak menyukai susu rendah lemak. Sekarang tinggal pilihan Anda saja, meminum susu agar mendapat rasa enak, atau meminum susu agar mendapatkan khasiat kesehatan?

Untuk menumbuhkan minat Anda terhadap susu rendah lemak, kami hadirkan 10 manfaat yang ada pada susu rendah lemak yang dilansir Stylecraze.com

1. Rendah lemak
Satu cangkir porsi susu rendah lemak hanya memiliki 0,2 gram lemak! Sedangkan susu biasa (susu lemak) mengandung 5 gram lemak.

2. Tinggi protein
Susu rendah lemak mengandung lebih banyak protein untuk nutrisi yang lebih baik. Satu cangkir susu ini memiliki 8.3 gram protein. Ini berarti mencukupi sekitar 14% dari kebutuhan protein harian Anda.

3. Pilihan terbaik setelah bekerja
Setelah berkeringat dan keluar dari gym, Anda harus minum satu gelas susu rendah lemak. Ini akan memberikan Anda nutrisi penting dan membuat Anda terhidrasi bahkan setelah latihan berat sekalipun. Ini membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak massa otot dan menyingkirkan lemak yang tidak diinginkan.

4. Membuat tulang lebih kuat
Umumnya, susu rendah lemak memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi. Dengan demikian, minum 1 cangkir susu rendah lemak memberi Anda 299 miligram kalsium. Menariknya, susu ini mencukupi sekitar 30% dari kalsium harian yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk membuat tulang lebih padat. Bagi wanita, susu ini adalah minuman kesehatan yang luar biasa untuk melestarikan kekuatan tulang mereka di usia dewasa.

5. Menurunkan resiko obesitas
Konsumsi rutin susu rendah lemak jelas dapat membatasi obesitas pada anak-anak maupun orang dewasa karena secara alami akan mengurangi asupan lemak dan meningkatkan metabolisme.

6. Sumber vitamin A dan D
Semua susu mengandung Vitamin A dan D, Tapi dalam kasus susu rendah lemak, kedua vitamin ini lebih bagus dari susu biasa.
(Baca juga: Efek Negatif Susu Kelapa)

7. Menyehatkan usus
Minum 1 gelas susu rendah lemak memastikan gerakan usus yang sehat. Hal ini membuat Anda segar dan berenergi sepanjang hari. Dengan gerakan usus normal, dapat menghilangkan masalah yang berkaitan dengan diare dan sembelit.

8. Menyehatkan rambut dan gigi
Dengan susu rendah lemak, Anda dapat melestarikan kilau rambut bersinar selamanya. Karena nilai gizi yang tinggi, meregenerasi sel-sel kulit untuk membuat rambut sehat. Pada saat yang sama, jumlah kalsium yang lebih tinggi dalam susu rendah lemak menjamin kesehatan dan membuat gigi tampak lebih putih.

9. Mengontrol tekanan darah
Susu rendah lemak mengandung banyak sekali kalium dan magnesium. Hal ini pada gilirannya, mengatur tekanan darah dan membantu untuk mengurangi kemungkinan stroke. Jadi minum susu rendah lemak juga dapat menyehatkan jantung!

10. Bagus untuk ibu hamil
Studi telah membuktikan bahwa susu rendah lemak menyediakan nutrisi penting bagi ibu hamil untuk kesehatan janin. Ibu hamil yang setiap hari mengkonsumsi 3 cangkir susu rendah lemak yang diperkaya dengan vitamin D akan menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah, multiple sclerosis, dan cacat lahir pada anak.

Dengan manfaat seperti diatas, susu rendah lemak tentu saja merupakan minuman kesehatan yang lebih baik. Anda mungkin akan merasa sulit untuk menyukai rasa dari susu rendah lemak ini. Tapi demi kesehatan, ini patut dicoba!
Bagaimana? Masihkah enggan meminum susu jenis ini?
(Kredit: Stylecraze.com)