Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 12 September 2014

10 Manfaat Kerang Hijau Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Tahu


KaBeIn, Ada banyak sumber makanan di laut yang sangat baik untuk kesehatan sekaligus mengenyangkan. Mungkin makanan laut atau seafood selama ini didominasi oleh ikan dan udang, sedang kerang hijau yang juga merupakan hasil laut jarang terkekspos.

Kerang Hijau (photo: thinkstock)
Di restoran sendiri menu kerang hijau masih lumayan mahal, untuk mensiasatinya Anda bisa membelinya sendiri dipasar kemudian mengolahnya dirumah menjadi makan yang sesuai selera.

Kerang hijau, kecuali sangat lezat juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

1. Untuk kesehatan kulit
Kerang hijau mengandung banyak Omega-3 yang sangat penting bagi kesehatan kulit kita. Tubuh kita tidak dapat memproduksi asam lemak sendiri dan tergantung pada makanan yang kita makan untuk nutrisi penting ini. Kerang hijau memainkan peran ini dengan sempurna dan membantu kulit kita tetap bebas dari penuaan, jerawat, keriput, bintik-bintik hitam dll

2. Sebagai sumber protein
Kerang hijau merupakan sumber protein yang memasok hampir 40% dari makanan diet yang direkomendasikan.

3. Mengandung banyak zat besi
Mengkonsumsi kerang hijau dapat membantu mencegah anemia. Kurangnya zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan anemia. Kerang hijau mengandung sekitar 10,9 miligram zat besi. Jika Anda telah berumur lebih dari 50 tahun, maka asupan harian yang direkomendasikan adalah zat besi! Satu porsi kerang hijau dapat memasok kebutuhan 50-60% RDA besi untuk tubuh. Zat besi akan membantu tubuh untuk membuat hemoglobin dan mencegah anemia.

4. Sumber vitamin B12
Satu porsi 100 gram kerang hijau yang dimasak mengandung sekitar 20 miligram vitamin B12 yang penting untuk ibu hamil. Vitamin B12 membantu dalam produksi sel darah merah dan DNA. Hal ini juga membantu kerja sistem saraf Anda.

5. Kaya akan Omega-3
Kerang hijau kaya akan asam lemak Omega-3. Tubuh manusia tidak bisa menghasilkan asam lemak omega-3 dan perlu mendapatkan dari sumber lain. Kerang hijau adalah sumber terbaik omega-3 dan lemak tak jenuh. Omega-3 membantu mencegah peradangan dan mengurangi risiko stroke, penyakit jantung dan arthritis. Omega-3 juga baik untuk perkembangan otak.

6. Solusi untuk sakit secara keseluruhan
Ketika Anda bertambah tua, tubuh Anda biasanya menderita sakit punggung, nyeri sendi, jari kaku dan peradangan pada sendi. Kerang hijau dapat membantu untuk menyingkirkan berbagai masalah peradangan. Seperti melindungi saluran pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menunda proses penuaan juga.
(Baca juga: Pengertian Penyakit Anosmia)

7. Mengobati masalah arthritis dan masalah tulang lainnya
Kerang hijau dapat membantu mengobati arthritis dalam waktu singkat. Memberikan penyembuhan instan dari rasa sakit radang sendi. Kandungan zat mangan di kerang hijau memberikan tulang yang sehat dan meningkatkan metabolisme tubuh.

8. Mengurangi derita asma dan bronchitis
Kerang hijau mengandung banyak asam amino, karbohidrat dan mineral serta nutrisi penting lainnya seperti asam lemak omega-3, vitamin B12 yang membantu dalam pengobatan penyakit asma dan bronchitis.

9. Meningkatkan sistem kekebalan Anda
Kerang hijau kaya akan mineral, vitamin C, vitamin B12, seng, kalium, zat besi, kalsium, mangan, fosfor, dll. Nutrisi ini bekerja sama untuk membuat sistem kekebalan tubuh Anda agar lebih sehat. Nutrisi tersebut juga memastikan berfungsinya kelenjar tiroid. Semua faktor ini memastikan bahwa Anda tetap bebas dari penyakit umum seperti pilek dan flu.

10. Meningkatkan kekuatan kardiovaskular Anda
Kerang hijau mengandung lemak jenuh yang sangat sedikit dan kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Omega-3 yang ada dalam kerang hijau tidak hanya membuat sistem kardiovaskular Anda sehat, tetapi juga efektif untuk peredaran darah dan fungsi otak. Meminimalkan risiko serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.
(sumber: stylecraze.com)