Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 19 September 2014

10 Cara Sederhana dan Alami Mencegah Bersendawa


KaBeIn, Bersendawa atau sendawa memang bisa jadi memalukan ketika kita sedang makan bersama. Ini bukan berlaku di Indonesia saja, hampir semua negara tidak memaklumi aktifitas bersendawa ini.
Bersendawa adalah melepaskan gas dari mulut yang diiringi oleh suara aneh serta bau tidak sedap, biasanya keluar ketika habis makan. Tapi tanpa makanpun orang bisa saja tiba-tiba bersendawa.

10 Cara Sederhana dan Alami Mencegah Bersendawa
Bersendawa bisa saja memalukkan ketika diketahui banyak orang
Di India dan China, besendawa tidak dapat diterima, Jepang mengganggap bersendawa adalah perilaku yang buruk, sedangkan budaya Amerika Utara, Jerman dan Perancis juga tidak menerimanya.

Memalukan bukan? Jadi hati-hati kalau sedang makan bersama, jangan pernah bersendawa meskipun bersendawa tidak berbahaya karena bukan faktor medis. Ini soal etika saja, jadi mari cegah bersendawa dengan 15 cara sederhana ini, seperti dilansir dari laman stylecraze.com

1. Jahe
Jahe adalah obat yang paling terkenal dan efektif untuk bersendawa dengan instan. Jahe juga membantu memperbaiki kondisi pencernaan. Mengambil kapsul jahe bubuk atau sirup jahe sebelum makan atau menggigit jahe segar sebelum makan dapat menyembuhkan bersendawa. Jika Anda tidak toleran terhadap rasa yang kuat, anda dapat mensiasatinya dengan membuat teh jahe madu.

2. Jus lemon
Jus lemon dicampur dengan baking soda dalam segelas air dapat mencegah bersendawa secara instan. Minuman ini juga membantu pencernaan.

3. Papaya
Ini menjadi cara yang sehat menyembuhkan sendawa. Pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang dapat menyingkirkan masalah lambung yang menyebabkan bersendawa.

4. Jintan
Biji jintan dapat membantu menenangkan saluran pencernaan dan mengurangi bersendawa secara alami. Biji ini dapat dimakan secara langsung atau ditambahkan ke salad.

5. Teh chamomile
Teh ini biasanya digunakan untuk menyembuhkan sakit perut, tapi juga ternyata bisa meringankan bersendawa, secangkir teh chamomile sebelum tidur dapat membantu mengatasi masalah sendawa.

6. Teh Kapulaga
Kapulaga dapat membantu melancarkan pencernaan, mencerna makanan yang memproduksi gas. Dengan demikian dapat mengurangi bersendawa. Tambahkan 1 sendok teh kapulaga dalam 1 cangkir air dan didihkan selama 10 menit. Minum sebelum makan untuk menyembuhkan bersendawa.

7. Daun Peppermint
Ini salah satu obat terbaik untuk bersendawa. Tuangkan 1 cangkir air mendidih dengan beberapa daun peppermint. Aduk selama 5 menit. Kemudian minum sebelum tidur.

8. Bawang
Menggigit sedikit bawang putih dan minum segelas air dapat mencegah bersendawa. Lebih efektif lagi jika diminum pada saat perut masih kosong. Bawang putih membantu meningkatkan pencernaan dan meredakan bersendawa secara alami.

9. Minyak kedelai
Campurkan satu tetes minyak kedelai dengan 1 sendok teh madu dan menjilatnya setelah makan untuk mendapatkan obat instan dari sendawa.

10. Daun cengkeh
Daun cengkeh segar dapat menyembuhkan bersendawa berlebihan dengan menyejukkan sistem pencernaan. Kunyah daun cengkeh setelah makan untuk mendapatkan bantuan dari bersendawa.

Secara medis, bersendawa disebut dengan eruktasi. Untuk mencegah bersendawa, Anda harus mengurangi jumlah udara yang masuk ke tubuh. Berikut ini beberapa tips akan membantu mengurangi asupan udara.: (Tips Mengurangi Asupan Udara untuk Mencegah Sendawa)